Repository Universitas Andalas

PERJANJIAN STANDAR DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DIPERUM PEGADAIAN CABANG PADANG

YULIANTO, YULIANTO (2008) PERJANJIAN STANDAR DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DIPERUM PEGADAIAN CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF ( PERJANJIAN STANDAR DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DIPERUM PEGADAIAN CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298Kb) | Preview

Abstract

Tidak semua orang pandai dan ahli untuk merumuskan isi perjanjian, adalah sangat mahal untuk meminta nasehat kepada yang ahli ( notaris, penasehat hukum, panitera, dll ) untuk setiap melakukan perjanjian. Dengan pertimbangan ekonomis dan praktis orang mempergunakan perjanjian yang sejenis secara berulang - ulang dalam bentuk tertulis. Perjanjian ini dikenal dengan perjanjian standar. isi perjanjian standar dibuat secara sepihak ( kreditur ) tanpa mengikutsertakan pihak lain ( Cebitur ), oleh sebab itu isi perjanjian tersebut lebih banyak mencerrninkan kepentingan kredrtur yaitu dengan mengadakan pembatasan - pembatasan tanggung jawab. Dilain pihak pada waktu pendirian perjanjian debitur tinggal hanya untuk menyetujui perjaryian atau menolaknya. Walaupun debitur tidak mempunyai kebebasan untuk menentukan isi perjanjian tatapi debitur masih punya kebebasan untuk menentukan dengan apa dan dengan siapa ia mengadakan peqanjian. Bila dilihat dari sudut hukum perjanjian perjanjian standar masih bisa memenuhi elemen - elemen yang dikehendaki oleh pasal 1338 ayat I jo pasal 1320 KUH Perdata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:44
Last Modified: 12 Oct 2011 03:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

View Item View Item