Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN VCO DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifutius Roxb.)

Desmawati, Desmawati (2008) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN VCO DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifutius Roxb.). Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN VCO DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifutius Roxb.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (586Kb) | Preview

Abstract

Sabun yang bahan dasarnya Virgin Coconut Oil (VCO) dimana VCO itu terbuat dari kelapa segar mengandung asam laurat (C12) sekitar 48 - 53 % (bersifat sebagai anti mikroba dan emulsi flying agent) dan vitamin E (dapat menghaluskan kulit) sehingga sangat bagus untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan sabun yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Pada sabun sering ditambahkan zat aditif alami diharapkan dapat menambah kualitas dari sabun. Di samping itu penggunaan bahan baku dari alam ini tidak memberikan efek samping seperti halnya menggunakan bahan kimia sintetis sekaligus memberikan wama dan aroma yang khas. Salah satu jenis tanaman yang beraroma khas adalah pandan wangi (pandanus amaryllifolius Roxb.), berdasarkan hal itu maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian : Untuk presentasi pembuatan sabun VCO dengan Ekstrak daun pandan wangi dan mengidentifikasi sabun yang dibuat. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Kimia Organik Jurusan Kimia FMIPA UNAND, dan Labor Mikrobiologi SMAK Padang, sejak Juni 2007 sampai Maret 2008. Bahan-bahan yang digunakan meliputi VCO, KOH, Asam Sirat, Natrium Lauril Sulfat, NaCl, Asam Stearat, Aquades, Ekstrak Daun Pandan Wangi dan Nutrien Agar (NA). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sabun padat VCO dengan tekstur paling baik terdapat pada komposisi K3 dengan pH 8,9. Dari komposisi yang paling efektif menghambat pertumbuhan bakteri adalah komposisi K6.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:44
Last Modified: 03 Oct 2011 09:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item