Repository Universitas Andalas

RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERIODA AYUNAN BANDUL MATEMATIS DENGAN SENSOR INFRAMERAH BERBBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

Sayekti, Nining (2008) RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERIODA AYUNAN BANDUL MATEMATIS DENGAN SENSOR INFRAMERAH BERBBASIS MIKROKONTROLER AT89S51. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERIODA AYUNAN BANDUL MATEMATIS DENGAN SENSOR INFRAMERAH BERBBASIS MIKROKONTROLER AT89S51) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (608Kb) | Preview

Abstract

Pengukuran membutuhkan suatu alal ukur yang sesuai dengan besaran yang ingin diukur. Perkembangan teknologi di bidang elektronika memungkinkan kita untuk membuat alat ukur, salah-satunya adalah alat ukur perioda ayunan bandul matematis. Alat ini menggunakan komponen-komponen antara lain: 1) Sensor inframerah yang terdiri dari LED inframerah dan fotodioda inframerah, yang berfungsi sebagai pendeteksi gerak ayunan bandul. 2) Sistem mikrokontroler yang berfungsi untuk memproses data masukan dan mengolah dala sesuai program yang ditanamkan. 3) LED sebagai penampil hasil Tujuan penelitian : merancang bangun alat ukur perioda ayunan bandul matematis dengan sensor inframerah berbasis mikrokontroler AT89S51. Perancangan alat dan pengujiannya dilakukan di laboratorium elektronika dan instrumentasi jurusan Fisika Universitas Andalas Padang sejak Juni 2007 sampai Maret 2008. Komponen--komponen yang digunakan antara lain: Fotodioda Inframerah dan LED inframerah mikrokontroler AT89S51, Kristal 1 Mhz, Kapasitor 33pF, Kapasitor 10 mikro F/16 volt, resistor 10 kohm, IC 7805, diode 1 A, Kapasitor 1000 mikroF dan sebuah LCD karakter 2 x 16. Langkah pertama perancangan adalah merancang sistem bandul matematis yang terdiri dari sebuah statif 100 cm, penjepit, tali dan bandul. Langkah kedua, membuat rangkaian sistem sensor inframerah dan rangkaian sistem mikrokontroler. Program dirancang menggunakan M-IDE 51 dan bahasa pemograman menggunakan bahasa - C. Setelah rangkaian sistem mikrokontroler selesai, program ditanamkan pada mikrokontroler menggunakan program ISP-MGS. Pada langkah terakhir dilakutan pengujian rangkaian dan pengambilan data. Data yang diambil adalah data perioda ayunan bandul dengan menggunakan alat yang dirancang dan data perioda ayunan dengan menggunakan stopwatch. Data yang diperoleh dibandingkan dengan data perioda secara teori. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa nilai perioda yang didapat dengan menggunakan alat yang dirancang mendekati pada nilai- nilai perioda teori untuk sudul delapan derajat ( 8' ). Nilai ini lebih baik bila dibandingkan dengan menggunakan stopwatch. Kesalahan relalif maksimum pada sudut 8' sebesar 0,167 untuk alat yang dirancang dan 0,326 jika menggunakan stopwatch. Pada sudut 10', kesalahan relatif maksimum adalah 0,157 untuk alat yang dirancang dan 0,559 menurut stopwatch. Sedangkan kesalahan relatif maksimum untuk sudut 15' adalah 0,164 pada alat yang dirancang dan 1,193 menurut stopwatch. Dengan menggunakan persamaan percepatan gravitasi, diperoleh nilai percepatan gravitasi rata-rata. Pada sudut 8' nilai percepatan gravitasi rata-rata yang diperoleh sebesar 9,28 m/s^2. Nilai ini mendekati nilai percepatan gravitasi menurut teori. Untuk sudut 10' nilainya 8,78 m/s^2 dan untuk sudut 15' nilainya adalah 8,56 m/S^2. Dari bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa alat yang dirancang dapat digunakan sebagai alat ukur perioda ayunan bandul matematis dan memiliki kinerja yang baik pada sudut 8'.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:42
Last Modified: 10 Oct 2011 04:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item