Repository Universitas Andalas

Studi Keanekaragaman Tumbuhan yang Dimakan Siamang (Hylobates syndactylus di Pulau Marak Pesisir Selatan

Yosi, Edrina (2008) Studi Keanekaragaman Tumbuhan yang Dimakan Siamang (Hylobates syndactylus di Pulau Marak Pesisir Selatan. Other thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
PDF (Studi Keanekaragaman Tumbuhan yang Dimakan Siamang (Hylobates syndactylus di Pulau Marak Pesisir Selatan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai studi keanekaragaman tumbuhan yang dimakan siamang (Hylobates syndactylus) di Pulau Marak Kabupaten Pesisir Selatan dari bulan Desember 2005 sampai Juli 2006. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan koleksi langsung di lapangan dan dilanjutkan di Herbarium Universitas Andalas (ANDA) Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 jenis tumbuhan telah diidentifikasi dari 10 famili yaitu: Antidesma velutinosum Muell. (Euphorbiaceae), Artocarpus lanceifolius Roxb. (Moraceae), Cananga odorata (Lmk.) Hook. F. & Thums. (Annonaceae), Dischidia raflesiana Wall. (Asclepiadaceae), Eurya acuminata DC. (Theaceae), Garcinia forbesii King (Guttiferae), Hoya ridleyi Ridl. (Asclepiadaceae), Ixora lobii Loud. (Rubiaceae), Macaranga triloba (Bl.) M.A. (Euphorbiaceae), Rhodamnia cinerea Jack (Myrtaceae), Shorea sumatrana King (Dipterocarpaceae), Voacanga grandifolia Miq.) Rolfe (Apocynaceae). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya yang dimakan siamang adalah daun muda (pucuk) dengan karakteristik antara lain; berdaging tebal, lunak dan berair, pinggir daun rata dan cenderung tidak berambut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:41
Last Modified: 12 Oct 2011 06:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item