Repository Universitas Andalas

ANALISIA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA WAJIB BELAJAR (Kasus Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar)

Irwandi, Irwandi (2008) ANALISIA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA WAJIB BELAJAR (Kasus Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar). Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (ANALISIA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA WAJIB BELAJAR (Kasus Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (914Kb) | Preview

Abstract

Pemerintah telah memberlakukan Wajib Belajar semula 6 tahun dan diperpanjang menjadi 9 tahun. Hal ini adalah wujud nyata dari kebijaksanaan pemerintah di dalam memberikan kesempatan kepada anak usia 13-15 tahun untuk memperpanjang kesempatan memperoleh pendidikan. Namun kenyataannya Angka Partisipasi Murni belum mencapai target yang ideal untuk semua jejang pendidikan yang dilakukan di Indonesia selama ini adalah baru menggunakan pendekatan penawaran dalam bentuk sentralisasi pengelolaan pendidikan. Semua kebijaksanaan ditanggani dan diatur oleh pemerintah pusat yang lebih berorientasi kepada penyediaan fasililas pndidikan, tetapi kurang mempertimbangkan dari sisi permintaan, terutama sekali berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan orang tua dan masyarakat lokal. Akibatnya pemerintah sebagai penyedia layanan pendidikan tidak mengetahui dan memahami secara tepat apa dan seberapa besar kebutuhan masyarakat lokal terhadap layanan pendidikan. Bertitik tolak dari pemikiran di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan faktor-faktor penentu yang mempengaruhi kelangsungan pendidikan anak usia wajib belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:38
Last Modified: 04 Oct 2011 08:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item