Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT BAGI PENGUSAHA KECIL SEBAGAI MITRA BINAAN DENGAN PERUM PEGADAIAN WILAYAH II PADANG

wahyuni , Ridha (2008) PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT BAGI PENGUSAHA KECIL SEBAGAI MITRA BINAAN DENGAN PERUM PEGADAIAN WILAYAH II PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT BAGI PENGUSAHA KECIL SEBAGAI MITRA BINAAN DENGAN PERUM PEGADAIAN WILAYAH II PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364Kb) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi kerakyatan dalam struktur perekonomian nasional merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah bagi pembangunan perekonomian nasional yang kuat dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk usaha kecil. menengah dan koperasi Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah dengan menggalang hubungan kemitraan usaha antara BUMN dan swasta untuk dapat memberikan bantuan - bantuan pembinaan terutama dibidang permodalan, menejemen, teknologi dan pemasaran kepada pengusaha kecii, menengah dan atau koperasi seperti yang telah diterapkan oleh Perum. Pegadaian wilayah II Padang yang telah bertindak sebagai bapak angkat bagi para pengusaha kecil mitra binaannya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur perjanjian pemberian kredit pembinaan bagi pengusaha kecil mitra binaan pada Perum. Pegadaian Wilayah II Padang, apa saja hak dan kewajiban pengusaha kecil mitra binaan dan Perum. Pegadaian Wilayah II Padang dalam pelaksanakan perjanjian kredit pembinaan dan apa saja kendala kendala yang sering dihadapi dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. adalah yuridis sosiologis I yuridis empiris, dimana pendekatannya lebih menekankan pada praktek dilapangan dikaitkan dengan aspek hukum yang berlaku, juga dengan menghimpun data melalui studi literatur, dokumen dan wawancara dengan pihak - pihak yang terkait Dalam penelitian yang telah dilakukan mengenai perjanjian kredit pembinaan usaha kecil yang sekarang dikenal dengan kredit PKBL ( Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan) terlebih dahulu pengusaha kecil calon mitra binaan mengisi formulir dan membuat proposal pemohonan kredit pembinaan, sedangkan untuk menetapkan jumlah kredit yang bisa diberikan bagi pengusaha kecil calon mitra binaan akan ditentukan berdasarkan hasil survey lapangan yang dilakukan oleh seksi bina dan usaha lain Perum. Pegadaian Wilayah II Padang, selain itu dalam melaksanakan perjanjian kredit pembinaan pengusaha kecil dan Perum Pegadaian Wilayah II Padang sebagai para fihak dituntut untuk dapat melaksanakan hak dan kewajibannya secara baik untuk kelancaran pelaksanaan perjanjian kredit pembinaan, walaupun demikian dalam prakteknya juga tak jarang sering ditemukannya permasalahan permasalahan yang timbul, seperti bantuan pembinaan yang rangkap pada satu mitra binaan yang sama, keterlambatan pembayaran angsuran kredit dan kredit macet.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 19 Apr 2011 08:37
Last Modified: 04 Oct 2011 07:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item View Item