Repository Universitas Andalas

Kontribusi Nitrogen tanaman kirinyuh (Eupatorium odoratum) terhadap pertumbuhan tanaman jagung yang dirunut dengan 15N

Hasnelly, Hasnelly (2008) Kontribusi Nitrogen tanaman kirinyuh (Eupatorium odoratum) terhadap pertumbuhan tanaman jagung yang dirunut dengan 15N. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Kontribusi Nitrogen tanaman kirinyuh (Eupatorium odoratum) terhadap pertumbuhan tanaman jagung yang dirunut dengan 15N) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500Kb) | Preview

Abstract

Pemanfaatan tanah-tanah bermasalah seperti ultisol untuk lahan pertanian memerlukan perbaikan sifat kimia, fisik, dan biologi tanah agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat berlangsung baik dan memberikan hasil yang maksimal. Ultisol mempunyai kandungan hara yang rendah, terutama unsur N. Bagi tanaman jagung, unsur N dibutuhkan sepanjang pertumbuhannya, dan sampai masa vegetatif unsur N telah diserap sekitar 50% dari kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan N tanaman, lebih banyak digunakan pupuk buatan, sedangkan harga pupuk buatan yang terus meningkat. Hal itu telah menyebabkan tidak seimbangnya antara hasil yang diperoleh petani dengan biaya yang dikeluarkan. Oleh sebab itu perlu dicarikan alternatif lain sebagai substitusi pupuk buatan. Salah satu cara yang mungkin adalah dengan menggunakan pupuk hijau yang mengandung N cukup tinggi misalnya gulma kirinyuh (Eupatorium odoratum). Namun demikian, berapa jumlah N yang dapat disumbangkan oleh kirinyuh ini pada tanaman jagung belum diketahui. Untuk mengetahui jumlah unsur N yaug diserap tanaman dari pupuk dan tanah dapat ditentukan dengan menggunakan pupuk N berlabel 15N (teknik isotop 15N). Berdasarkan berbagai masalah tersebut dilakukanlah penelitian ini. Tujuan penelitian adalah ; 1) Untuk mengetahui pengaruh kirinyuh terhadap perbaikan sifat kimia tanah, 2) Menentukan kontribusi N tanaman kirinyuh bagi tanaman jagung berdasarkan kombinasinya dengan pupuk urea, 3) Menentukan takaran kirinyuh yang tepat sebagai bahan substitusi pupuk N buatan bagi tanaman jagung pada Ultisol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:19
Last Modified: 05 Oct 2011 02:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item