Repository Universitas Andalas

KETENTUAN TENTANG USIA PERKAWINAN DAN AKIBAT - AKIBAT HUKUMNYA MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA BW.

Michelli, Scorvino Zarti (2008) KETENTUAN TENTANG USIA PERKAWINAN DAN AKIBAT - AKIBAT HUKUMNYA MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA BW. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (KETENTUAN TENTANG USIA PERKAWINAN DAN AKIBAT - AKIBAT HUKUMNYA MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA BW. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328Kb) | Preview

Abstract

Umur atau usia sangat erat kaitannya dengan kedewasaan seseorang, dimana kedewasaan merupakan suatu indikator untuk dapat meiaksanakan perbuatan hukum yang sah. Kedewasaan seseorang dihitung berdasarkan umur / usia atau banyaknya tahun yang dilewati. Dikaitkannya masalah kedewasaan dengan umur dalam peraturan-peraturan kita adalah untuk terciptanya kepastian hukum. Saiah satu perbuatan hukum tersebut adalah perkawinan. Oleeh karenanya perlu diperhatikan mengenai ketentuan usia perkawinan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif yaitu dengan cara meneliti peraturan perundang-undangan, hukum yang diterapkan dalam masyarakat dan pelaksanaannya serta mengkaji bahan- bahan perpustakaan dari berbagai aspek hukum yang berlaku. Sedangkan tujuan peneiitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan tentang usia perkawinan menurut Hukum Islam dan Hukum Perdata BW serta akibat-akibat hukumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 12 Oct 2011 08:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item