Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Peran dan Fungsi Politik Anggota DPD Sumatera Barat Pada Masa Jabatan Tahun 2004-2009

Riyanda, Riko (2009) Pelaksanaan Peran dan Fungsi Politik Anggota DPD Sumatera Barat Pada Masa Jabatan Tahun 2004-2009. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Peran dan Fungsi Politik Anggota DPD Sumatera Barat Pada Masa Jabatan Tahun 2004-2009) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585Kb) | Preview

Abstract

Terbentuknya DPD (Dewan Perwakilan Daerah) berawal dari keinginan untuk menghimpun dan memperjuangkan aspirasi daerah di tingkat pusat yang selama orde baru tidak terwakili dengan adanya utusan daerah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan peran dan fungsi anggota DPD Sumatera Barat pada masa jabatan tahun 2004-2009, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran dan fungsi anggota DPD Sumateara Barat. Kerangka teori yang digunakan ialah teori peran, teori fungsi, teori mandat, dan teori weak bicameral (bikameral lunak). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, sementara teknik keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purpo sive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dijelaskan bahwa peran dan fungsi anggota DPD Sumatera Barat belum maksimal, karena adanya fakltor kewenangan terbatas. Mengacu teori yang dikemukakan oleh Andrew S.EIlis negara Indonesia mempraklekkan teori weak bicameral (bicameral lunak), dengan keadaan ini otomatis DPD kehilangan fungsi sebagai lembaga legislatif, sebab anggota DPD tidak mempunyai hak kewenangan untuk mengambil keputusan. Terlepas dari itu bukan berarti anggota DPD lalu kehilangan rasa untuk memperjuangkan aspirasi daerah di tingkat pusat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 23 Apr 2011 13:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11787

Actions (login required)

View Item View Item