Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK PENETUAN HARGA POKOK PRODUKSI BERBASISKAN AKTIVITAS (Studi Kasus Produk AQEZ di PT. Amanah Insanillahia)

Formalisa, Fliolina (2008) PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK PENETUAN HARGA POKOK PRODUKSI BERBASISKAN AKTIVITAS (Studi Kasus Produk AQEZ di PT. Amanah Insanillahia). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK UNTUK PENETUAN HARGA POKOK PRODUKSI BERBASISKAN AKTIVITAS (Studi Kasus Produk AQEZ di PT. Amanah Insanillahia)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555Kb) | Preview

Abstract

Air adalah salah satu kebutuhan yang utama bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaat utama dari air adalah untuk memenuhi kebutuhan terhadap air minum. Kesulitan mendapatkan air layak minum mulai dirasakan, yang kemudian dapat diatasi dengan munculnya perusahaan yang bergerak dalam produksi air minum dalam kemasan. PT. Amanah Insanillahia merupakan salah satu perusahaan yang juga memproduksi air minum dalam kemasan pada awalnya hanya memproduksi satu merek air minum dalam kemasan. Tapi dengan melihat persaingan yang semakin ketat dalam bisnis ini, maka pihak manajemen perusahaan mengambil kebijakan untuk memproduksi praduk yang sama dengan label lain yaitu AQEZ. Produk yang dijual di pasaran diharapkan dapat menguntungkan, tentunya dengan penentuan harga pokok produksi secara tepat. Selama ini dalam menentukan harga pokok produksi, perusahaan melakukan perhitungan dengan estimasi secara garis besar saja, yaitu hanya dengan menambahkan semua jenis biaya yang dikeluarkan selama proses produksi, kemudian dibagi dengan jumlah produk yang dihasilkan, bahkan terdapat beberapa komponen biaya yang tidak dimasukkan dalam perhitungan. Pada penelitian ini dilakukan proses perhitungan yang lebih baik dengan mempertimbangkan seluruh komponen biaya. Perubahan sering terjadi dari segi biaya produksi, yang menyebabkan berubahnya harga pokok produksi. Dengan demikian pada penelitian ini mencoba merancang perangkat lunak penentuan harga pokok produksi untuk mempercepat proses perhitungan harga pokok produksi. Dari hasil perhitungan diperoleh harga pokok produksi untuk produk AQEZ kemasan gallon 19 liter Rp 41.241,74, botol 1500 ml Rp. 1.183,04, kemasan botol 600 ml Rp. 784,26, dan gelas 240 ml Rp. 170,71. Perangkat lunak yang dirancang juga dapat diaplikasikan untuk menghitung harga pokok produksi produk lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 07 Oct 2011 07:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item View Item