Repository Universitas Andalas

SUATU TINJAUAN MENGENAI PERJANJIAN BAGI HASIL ANTARA PT. LIFE ASIA INDONESIA DENGAN STOKIST 033 PADANG.

Wijaya, Yopi (2008) SUATU TINJAUAN MENGENAI PERJANJIAN BAGI HASIL ANTARA PT. LIFE ASIA INDONESIA DENGAN STOKIST 033 PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (SUATU TINJAUAN MENGENAI PERJANJIAN BAGI HASIL ANTARA PT. LIFE ASIA INDONESIA DENGAN STOKIST 033 PADANG. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345Kb) | Preview

Abstract

Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengatur tentang perikatan yang bersifat terbuka. Maksudnya para pihak bebas untuk melakukan atau membuat perjanjian asalkan tidak bertentangan dengan undang-undang, nilai kesusilaan dan ketertiban umum. Dalam kehidupan sehari-hari, kenyataannya setiap manusia akan selalu akan membuat, mengadakan maupun melaksanakan perjanjian, karena hampir setiap aspek dari kehidupan manusia tidak dapat luput dari peqanjian. Sementara itu, di era globalisasi yang memaksa egar proses produksi dan distribusi berjalan dengan cepat, lahirlah sistem pemasaran baru yang memanfaatkan momentum perkembangan teknologi informasi yang disebut sistem pemasaran direct selling atau network marketing. Perusahaan yang menggunakan sistem pemasaran network markeling ini, dalam operasional marketingnya membutuhkan perpanjangan tangan di tiap-tiap daerah yang dinamakan stokist. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian kerja sama antara PT. Life Asia Indonesia dengan Stokist 033 Padang sebagai perpanjangan tangan perusahaan'nefwork marketing, dan bagaimana status hukum badan usaha stokist sebagai perpanjangan tangan perusahaan network marketing? Untuk menjawab perumusan masalah di atas digunakan metode penelitian dengan tipe penelitian hukum sosiologis (sosio legal research) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan dan studi kepustakaan lalu menganalisanya dengan cara deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama antara PT. Life Asia Indonesia dengan Stokist 033 Padang adalah berbentuk perjanjian bagi hasil yang memang tidak diatur dalam Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga kedua belah pihak menjadikan isi perjanjian yang mereka disepakati sebagai undang-undang dan status hukum badan usaha stokist sebagai perpanjangan tangan perusahaan network murketing adalah badan usaha yang bukan berbadan hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:33
Last Modified: 11 Oct 2011 08:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item