Repository Universitas Andalas

Rancangan Instalasi Kelistrikan Untuk Sistem Kontrol Berbasis PLC (Aplikasi Pada Mesin Listrik Pemotong Kertas)

Devisno, Reki (2008) Rancangan Instalasi Kelistrikan Untuk Sistem Kontrol Berbasis PLC (Aplikasi Pada Mesin Listrik Pemotong Kertas). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Rancangan Instalasi Kelistrikan Untuk Sistem Kontrol Berbasis PLC (Aplikasi Pada Mesin Listrik Pemotong Kertas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (387Kb) | Preview

Abstract

Mesin listrik pemotong kertas merupakan sebuah peralatan yang beralih dari mesin dengan sistem manual ke sistem kontrol otomatis. Motor dirancang menggunakar gearbox sebagai kopel mekanik untuk menggerakkan mata pisau (cutter). Pengendalian arah putarar motor listrik tersebut menggunakan PLC (Progronmable Logic Controller) tipe Omron CPMIA-10 CDRA yang dilengkapi peralatan input push batton dan timit switch. Peralatan antput menggunakan 2 buah relay tipe Omron LY4 22A/240 VAC, yang berfungsi sebagai penerima sinyal PLC untuk pengendali motor, dan timer internsl relay yang merupakan prograrn pewaktu PLC disetting sebesar 5 detik untuk jeda waktu peinbalikan arah putaran motor yang digunakan. Rancangan sistem kontrol berbasis PLC yang diaplikasikan pada mesin pemotong kertas sangat efisien dan praktis digunakan. Ketebalan kertas yang dapat dipotong mencapai 100 lembar, dengan ukuran keaas yang beragam yaitu; A3, 44 (Kwarto), dan F4 (Folio)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 03 Oct 2011 09:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item