Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Good Local Governance di Kelurahan ujung Gurun Periode 2005-2008 (Studi Tentang Pelaksanaan Prinsip Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas oleh Aparatur Pemerintahan Kelurahan)

Markawati, Markawati (2008) Pelaksanaan Good Local Governance di Kelurahan ujung Gurun Periode 2005-2008 (Studi Tentang Pelaksanaan Prinsip Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas oleh Aparatur Pemerintahan Kelurahan). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Good Local Governance di Kelurahan ujung Gurun Periode 2005-2008 (Studi Tentang Pelaksanaan Prinsip Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas oleh Aparatur Pemerintahan Kelurahan)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (483Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggambarkan Pelaksanaan Prinsip Good Local Governance Di Kelurahan Ujung Gurun Periode 2005- 2008 (Studi Tentang Pelaksanaan Prinsip Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas oleh Aparatur Pemerintahan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah lembaga. Sedangkan teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi yang mendukung penelitian. Dari penelitian yang dilakukan, dilapangan diperoleh data bahwa aparatur pemerintahan kelurahan Ujung Gurun telah melaksanakan prinsip transparansi, partisipasi dan akuntabilitas. pelaksanaan transparansi ditandai dengan adanya keterbukaan informasi oleh aparatur pemerintahan kelurahan Ujung Gurun dalam proses pelayanan publik seperti dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan adanya papan pengumuman sebagai media informasi dikanor kelurahan Ujung Gurun. Pelaksanaan partisipasi ditandai dengan besarnya peran serta masyarakat dalam kegiatan pembangunan di kelurahan yang ditandai dengan peran aktif masyarakat dalam kegiatan manunggal yang disepakati melalui musrenbang kelurahan. Partisipasi masyarakat juga dipengaruhi oleh sikap aparatur pemerintahan kelurahan dalam menghimbau, mengajak, dan berbaur langsung dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 23 Apr 2011 13:39
Last Modified: 23 Apr 2011 13:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item