Repository Universitas Andalas

Penampilan Dan Komponen Keragaman Sifat Kuantitatif Galur - Galur Padi Sawah Dataran Rendah Pada berbagai Jarak Tanam

Mukhlis, Edi (2008) Penampilan Dan Komponen Keragaman Sifat Kuantitatif Galur - Galur Padi Sawah Dataran Rendah Pada berbagai Jarak Tanam. Masters thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Penampilan Dan Komponen Keragaman Sifat Kuantitatif Galur - Galur Padi Sawah Dataran Rendah Pada berbagai Jarak Tanam) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898Kb) | Preview

Abstract

Peningkatan produksi beras (padi) perlu terus digalakkan, karena kebutuhan yang selalu meningkat sebagai bahan makanan pokok penduduk sebagian besar belahan bumi ini termasuk Indonesia. Dalam meningkatkan produksi tersebut sangat banyak kendalanya, baik teknis maupun non teknis. Dari aspek teknis antara lain penyebab rendahnya produksi atau kendalanya adalah pemakaian bibit unggul yang masih kurang. Salah satu cara mendapatkan bibit atau benih unggul adalah melalui pemuliaan. Sebelum hasil pemuliaan itu dapat dijadikan "VARITAS" (dalam arti agronomi) perlu dulu diuji lapang semua turunan (galur) yang didapat antara lain : uji multi lokasi guna memantapkan sifat unggulnya secara genetik ; karena setiap lingkungan (lokasi) tersebut berbeda daya tanggap dan daya adaptasinva oleh berbagai galur hasil pemuliaan tersebut. Hal ini disebabkan setiap galur itu berbeda sifat dan karakter genotipenya, tergantung dari tetuanya dan metoda pemuliaannva. Hasil pemuliaan tersebut pada tahap tertentu disebut GALUR dimana galur ini belum mantap "keragaan" atau penampilannya akibat genotipe yang berbeda tadi, yang disebabkan perbedaan keragaman genetiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:28
Last Modified: 12 Oct 2011 09:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item