Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Pusat Pelayanan Masyarakat Perwakilan Pelayanan Kabupaten Agam

SARI, YANIKE PURNAMA (2008) Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Pusat Pelayanan Masyarakat Perwakilan Pelayanan Kabupaten Agam. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Pelayanan Publik Di Pusat Pelayanan Masyarakat Perwakilan Pelayanan Kabupaten Agam) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514Kb) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pemberian otonomi daerah adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui wewenang otonomi kepada daerah. Semenjak kepindahan ibukota Kabupaten Agam ke wilayah Agam Barat yakni Lubuk Basung, masyarakat Agam Timur kesulitan untuk memperoleh pelayanan karena jauhnya jarak menuju Lubuk Basung dari wilayah-wilayah Agam Timur. Untuk mengatasi masalah ini Pemerintah Kabupaten Agam membentuk sebuah perwakilan pelayanan yang berada di kota Bukittinggi yakni Pusat Pelayanan Masyarakat melalui Keputusan Bupati Agam No. 420 Tahun 2004. Dengan adanya Pusat Pelayanan Masyarakat ini diharapkan akan mendekatkan pelayanan untuk masyarakat yang berada di wilayah Agam Timur. Pada awalnya pelayanan yang dilakukan Pusat Pelayanan Masyarakat hanya berupa memfasilitasi pelayanan ke dinas-dinas terkait di Lubuk Basung. Setelah dikeluarkannya Peraturan Bupati Agam No. 13 Tahun 2006 Pusat Pelayanan Masyarakat dapat melakukan pelayanan langsung yakni dalam pengurusan Alrta kelahiran dan Ak.l tanpa harus memfasillitasi ke Dinas Tenaga Kerja, Kependudukan, Catatan Sipill dan Keluarga Berencana di Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:32
Last Modified: 23 Apr 2011 05:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item