Repository Universitas Andalas

"Penerimaan" Petani Sawah Terhadap Program Penyuluhan Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kelurahan Bungus Barat. Studi Kasus Kelompok Tani Bunga Tanjung di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Seswita, Mulya (2009) "Penerimaan" Petani Sawah Terhadap Program Penyuluhan Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kelurahan Bungus Barat. Studi Kasus Kelompok Tani Bunga Tanjung di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF ("Penerimaan" Petani Sawah Terhadap Program Penyuluhan Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kelurahan Bungus Barat. Studi Kasus Kelompok Tani Bunga Tanjung di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan kebijakan pemerintah yang menggariskan bahwa pembangunan pertanian diarahkan pada upaya untuk peningkatan taraf hidup petani dan peningkatan ekonomi pedesaan (Jaharuddin, 2005 ). Oleh karena itq Pemerintah perlu menetapkan kebijakan yang berkenaan dengan penyuluhan pertanian karena pentingnya penyuluhan dalam pembangunan pertanian. Penyuluh membuat program dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi petani dalam melaksanakan usaha taninya tetapi masyarakat mungkin mempunyai tanggapan yang berbeda yaitu adanya penerimaan masyarakat yang baik dan adanya penerimaan masyarakat yang kurang baik terhadap program tersebut. Dalam skripsi ini permasalahan yang ingin dilihat adalah tentang apa permasalahan yang dihadapi petani dalam melaksanakan usahataninya, apa saja bentuk program penyuluhan pertanian terhadap petani padi sawah di Kelurahan Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan bagaimana penerimaan petani terhadap program-program penyuluhan pertanian. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi petani dalam aktivitas usahataninya, untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan program penyuluhan pertanian di Kelurahan Bungus Barat dan untuk mengetahui penerimaan masyarakat terhadap pelaksanaan program penyuluhan pertanian tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:33
Last Modified: 23 Apr 2011 05:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item View Item