Repository Universitas Andalas

TINJAUAN BAURAN PEMASARAN PADA NUSANTARA BAKERY LUBUK MINTURUN PADANG

Novrita, Novrita (2008) TINJAUAN BAURAN PEMASARAN PADA NUSANTARA BAKERY LUBUK MINTURUN PADANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN BAURAN PEMASARAN PADA NUSANTARA BAKERY LUBUK MINTURUN PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (445Kb) | Preview

Abstract

Nusantara Bakery adalah sebuah perusahan yang begerak dahm bidang industri pembuatan roti. Untuk bisa bertahan di dalam pasar yang penuh dengan persaingan, Nusantana Bakery perlu memikirkan strategi bauran pemaran yang baik agar roti tetap diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat. Bagaimana penerapan bauran pemasaran pada Nusantara Bakery dan apa kendala yang dihadapi oleh Nusantara Bakery dalan memasarkan poduknya merupakan masalah yang akan Penulis bahas dalam tugas akhir ini. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan dengan cara wawancara dengan pimpinan dan pengambilan data tertulis. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, Nusantara Bakery menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari strategi produK strategi harga, strategi promosi, dan stratregi distribusi. Strategi produk yang diterapkan oleh Nusantara Bakery agar roti dikenal dan disukai masyarakat adalah dari segi pengolahan dan aneka macam rasa roti yang diproduksi. Strategi harga dengan cara menetapkan harga secara umum atau sesuai dengan harga pasar. Strategi promosi dengan cara direct selling (penjualan langsung) dan promosi penjualan. Promosi penjualan berbentuk pemberian roti gratis, dalam pembelian 100 buah roti pembeli mendapatkan 1 buah roti gratis. Direct selling (penjualan langsung) dilakukan melalui pedagang besar dan pengecer yaitu dengan cara mempromosikan produk kepada setiap pedagang besar yang datang membeli ke Nusantara Bakery, kemudian pedagang besar mempromosikan kepada pengencer dan dari pengencer ke konsumen. Strategi distribusi dengan cara menggunakan saluran distribusi dua tingkat, dimana perusahaan menggunakan pedagang besar dan pengecer agar produk sampai ketangan konsumen. Semua strategi bauran pemasaran yang ditetapkan oleh Nusantara Bakery bertujuan agar roti tetap diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:43
Last Modified: 06 Oct 2011 06:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item