Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGEMUDI DAN PENGUSAHA ANGKUTAN SEWA EKSEKUTIF TERHADAP PENUMPANG DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS (studi Pada cv. Mitra Andalas Pratama Kota Padang)

Pertiwi, Nadra (2008) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGEMUDI DAN PENGUSAHA ANGKUTAN SEWA EKSEKUTIF TERHADAP PENUMPANG DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS (studi Pada cv. Mitra Andalas Pratama Kota Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PENGEMUDI DAN PENGUSAHA ANGKUTAN SEWA EKSEKUTIF TERHADAP PENUMPANG DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS (studi Pada cv. Mitra Andalas Pratama Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354Kb) | Preview

Abstract

Transportasi/ pengangkutan merupakan sarana penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian, memperkukuh persatuan dan kesatuan setta mempengaruhi semua aspek kehidupan bangsa dan negara.Dalam pelaksanaan pengangkutan yang dimaksud tidak terlepas dari kemungkinan resiko kecelakaan lalu lintas. Setiap kecelakaan, pengemudi dan pengusaha angkutan harus bertanggung jawab terhadap penumpang atas kecelakaan tersebut. Sehubungan dengan itu, skripsi ini membahai tentang pelaksanaan tanggung jawab pengemudi dan pengusaha angkutan sewa eksekutif terhadap penumpang dalam kecelakaan lalu lintas- permasalahan yang diteliti adalah bagaimanakah bentuk perjanjian pengangkutan pada angkutan sewa eksekuti{apakah hak-hak dan kewajiban para pihak dalam angkutan sewa eksekutif, bagaimanakah tanggung jawab pengemudi dan pengusaha angkutan sewa'eksekutif terhadap penumpang dalam kecelakaan lalu lintas,dan apakah kendala-kendala yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaan angkutan sewa eksekutif Untuk menjawab itu dilakukan penelitian yang bersifat Yuridis sosiologis, dengan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Data yang Oiperoleh dianalisa secara kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk peqanjian dalam penyelenggaraan angkutan u*-u eksekutif adalah bentuk lisan dan tertulis. Dengan perjanjian ini timtrul hak dan kewajiban para pihak yaitu pihak pengangkut berhak atas ongkos angkutan dan berkewajiban mengantar penumpang sampai tujuan dengan selarniat. Sedangkan penumpang berhak diangkut ketempat tujuan dengan selarnat, berkewajiban membayar ongkos angkutan.CV. Mitra Andalas Pratama bertanggurng jawab memberikan ganti rugi pada korban kecelakaan diluar ganti rugi yang diberikan oleh Asuransi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaan pengangkutan ini adalah mengenai masalah kecelakaan, masalah Leterlambatan, masalah keadaan alamJ lingkungan, masalah pengemudi dan kendaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:43
Last Modified: 10 Oct 2011 02:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item