Repository Universitas Andalas

TINJAUAN PELAKSANAAN REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PT. ALAT BANTU DENGAR INDONESIA CABANG PADANG

Jamil, Vandhi Caspin (2008) TINJAUAN PELAKSANAAN REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PT. ALAT BANTU DENGAR INDONESIA CABANG PADANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN PELAKSANAAN REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN PADA PT. ALAT BANTU DENGAR INDONESIA CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429Kb) | Preview

Abstract

PT. Alat Bantu Dengar Indonesia Cabang Padang merupakan perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang kesehatan khususnya pendengaran. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode analisa deskriptif pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana mestinya. Rekrutmen adalah usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja, agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ada dalam suatu perusahaan, sedangkan Seleksi adalah suatu kegiatan pemilihan dan penentuan pelamar yang diterima atau ditolak untuk menjadi karyawan perusahaan. Rekrutmen dan seleksi dilakukan apabila terjadi kekurangan karyawan yang menyebabkan kegiatan operasional perusahaan tidak berjalan dengan baik. Untuk melengkapi kekurangan tersebut manager cabang membuat surat ke kantor pusat, kantor pusat menyetujui dengan membalas surat tersebut, selanjutnya manager cabang mengumumkan lowongan pekerjaan lewat media massa yaitu Padang Ekspress dan menempelkannya pada papan pengumuman, setelah surat lamaran masuk dan disusun untuk direkapitulasi dalam 2 rangkap, dimana satu untuk kantor cabang, satu lagi dikirim ke pusat,setelah itu dilakukan seleksi, seleksi yang dilakukan adalah: 1) seleksi administrasi, 2) wawancara pendahuluan, 3) wawancara kedua, 4) keputusan penerimaan. Langkah-langkah seleksi setiap perusahaan tidaklah sama karena tergantung dari kebijaksanaan yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Penulis menyarankan untuk selanjutnya PT. Alat Bantu Dengar Indonesia Cabang Padang juga menerapkan tes psikologi, dan dalam hal pemanggilan seleksi sebaiknya juga menggunakan media elektronik seperti telepon serta dalam menyeleksi merujuk kepada Job Description.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:42
Last Modified: 04 Oct 2011 04:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item