Repository Universitas Andalas

IMPLIKASI YURIDIS PENYELENGGARAAN DANA PENSIUN TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI (studi Kasus Pensiunan Karyawan PT. semen padang)

Usman, Nurul Widya Siska (2008) IMPLIKASI YURIDIS PENYELENGGARAAN DANA PENSIUN TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI (studi Kasus Pensiunan Karyawan PT. semen padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (IMPLIKASI YURIDIS PENYELENGGARAAN DANA PENSIUN TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI (studi Kasus Pensiunan Karyawan PT. semen padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360Kb) | Preview

Abstract

Terjaminnya kesejahteraan dihari tua adalah dambaan setiap karyawan atau pegawai. Tanpa kesulitan finansial mereka dapat menikmati hari tua dengan tenang. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti penyelenggaraan program pensiun yang merupakan upaya pemeliharaan penghasilan hari tua. Program pensiun merupakan program pembayaran manfaat pensiun setiap bulannya. Pemerintah menyadari penyelengqaraan program pensiun membutuhkan penanganan dan perhatian yang serius, maka pemerintah membentuk suatu lembaga Dana Pensiun dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 12 tahun 1992 tentang Dana Pensiun. Salah satu perusahaan yang menyelenggarakan program Dana pensiun adalah PT. Semen Padang, dengan penyelenggaranya adalah Dana pensiun Semen Padang. Hal inilah yang mendorong penulis melaksanakan penelitian di Dana Pensiun Semen Padang agar mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong diselenggarakannya Dana Pensiun Semen Padang, bagaimana �ra pembentukan dan penyelenggaraan pensiun, apa implikasi yuridis bigi pensiunan karyawan PT. Semen Padang berkenaan dengan program Dana Pensiun tersebut, bagaimana hak ahli waris bagi karyawan yang meninggal dunia sebelum masa pensiunnya atau karyawan yang telah meninggal setelah menerima pensiunnya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu pendekatan masalah dengan melihat ketentuan-ketentuan hukum serta pelaksanaannya di lapangan. Dalam hal ini adalah ketentuan-ketentuan dari Dana Pensiun dan bagaimana implikasi yuridisnya di lapangan. penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data kepustakaan, pengamatan dan wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis berkesimpulan bahwa Dana Pensiun Semen Padang menyelenggarakan program pensiurr manfaat pasti, yang dilandasi pada peraturan Dana Pensiun. Pelaksanaan program ini memberikan implikasi positif pada kehidupan karyawan PT. Semen Padang setelah pensiun. Jaminan pemeliharaan penghasilan hari tua ini telah memberikln kesinambungan penghasilan yang baik pada perekonomian pensiunan karyawan pT. Semen Padang. Penyelenggaraan pembayaran pensiun pada Dana pensiun Semen Padang baik bagi karyawan yang meninggal sebelum memasuki usia pensiun, atau bagi karyawan yang telah memasuki usia pensiun, maupun ahli waris karyawan iang meninggal dunia telah mempunyai pola pembayaran manfaat pensiun yang baik- Penulis berharap agar pengurus Dana Pensiun Semen padang dapat meningkatkan kredibilitasnya dalam mengelola Dana Pensiun dengan dukungan sumber daya manusia yang handal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:42
Last Modified: 04 Oct 2011 06:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item