Repository Universitas Andalas

PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN UU No. 3 TAHUN 1982 DI KOTAMADYA PEKAN BARU

Warastuti, Warastuti (2008) PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN UU No. 3 TAHUN 1982 DI KOTAMADYA PEKAN BARU. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN UU No. 3 TAHUN 1982 DI KOTAMADYA PEKAN BARU) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (359Kb) | Preview

Abstract

Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan perdagangan saat ini, menyebabkan banyaknya bermunculan bentuk-bentuk perusahaan yang juga diiringi dengan hadirnya lembaga-lembaga ekonomi lainnya. Bentuk-bentuk ini hadir untuk berpartisipasi dan berperan serta dalam memacu serta mengembangkan perekonomian negara dan masyarakat pada khususnya yang sesuai dengan arah dan tujuan pembangunan. Dengan adanya daftar perusahaan dapat dicegah dan dihindari timbulnya perusahaan-perusahaan dan badan-badan usaha yang tidak bertanggungjawab dan merugikan masyarakat. Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam penyususnan skripsi ini adalah dengan melakukan penelitian secara deskriptif; dimana penulis berusaha memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan wajib daftar perusahaan Perseroan Terbatas di Kotamadya Pekan Baru. Pendekatan masalah dilakukan secara yuridis sosiologis. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua (2) bentuk penelitian yang umum digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian pustaka Dari hasil penelitian yang dapat diambil kesimpulan bahwa undang-undang ini belum terlaksana sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran hukum masyarakat khususnya pengusaha dalam pelaksanaan wajib daftar perusahaan. Dan juga karena undang-undang ini masih bersifat pembinaan. Agar undang-undang yang mengatur tentang wajib daftar perusahaan dapat berjalan dengan maksimal maka diperlukan usaha - usaha untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menambah tenaga pelaksana, anggaran dan prasarana lainnya untuk operasional wajib daftar perusahaan. Sedangkan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya pengusaha dalam melaksanakan wajib daftar perusahaan adalah dengan mengadakan penyuluhan kepada pengusaha mengenai artr penting dan manfaat dari wajib daftar perusahaan itu bagi pengusaha dan bagi pengusaha yang tidak melakasanakan wajib daftar perusahaan atau yang melanggar ketentuan undang-undang hendaknya dikenakan sanksi yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:42
Last Modified: 11 Oct 2011 08:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item