Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP PRINTED DIPOLE 2,4 GHz UNTUK PEMANCAR SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN

Aperta, Andre (2008) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP PRINTED DIPOLE 2,4 GHz UNTUK PEMANCAR SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANTENA MICROSTRIP PRINTED DIPOLE 2,4 GHz UNTUK PEMANCAR SINYAL JARINGAN WIRELESS LAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300Kb) | Preview

Abstract

Teknologi wireless ini semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau tanpa harus mengeluarkan biaya untuk penarikan kabel. Untuk meningkatkan jarak jangkauan dari penerimaan sinyal pada wireless LAN diperlukan antena eksternal dengan gain yang lebih tinggi dari antena standar. Antena Microstrip Printed Dipole merupakan antena omnidirectional Wireless. Fungsi antena ini adalah sebagai peralatan komunikasi pada sisi pemancar/ antena pemancar sinyal W-LAN yang menggantikan antena monopole yang terdapat pada acces point. Antena ini diarahkan ke antena penerima (client) dan menghasilkan penguatan pancaran yang lebih fokus. Proses pengukurannya dilakukan di luar ruangan pada jarak 10 meter. Pengukuran ini bertujuan untuk membandingkan level sinyal/daya pancar antena Microstrip Printed Dipole dengan antenna monopole yang terdapat pada acces point. Hasil pengukuran diperoleh dengan penerimaan daya tertinggi sebesar -34 dBm dan daya terendah -44 dBm. Antena Microstrip Printed Dipole memiliki gain sebesar 16 dB atau 39,8 kali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:41
Last Modified: 05 Oct 2011 08:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11877

Actions (login required)

View Item View Item