Repository Universitas Andalas

Simulasi Sistem Wireless Optik Muttipoint Diluar Ruangan Menggunakan Software Borland Delphi 7.0

Gultom, Yanti Handayani (2008) Simulasi Sistem Wireless Optik Muttipoint Diluar Ruangan Menggunakan Software Borland Delphi 7.0. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Simulasi Sistem Wireless Optik Muttipoint Diluar Ruangan Menggunakan Software Borland Delphi 7.0) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252Kb) | Preview

Abstract

Wireless merupakan media transmisi yang memanfaatkan gelombang radio (microwave), system satellite dan free space optic (menggunakan infrared). Salah satu solusi alternatif untuk penggunaan jaringan privat adalah system optical wireless dengan memanfaatkan cahaya sebagai media transmisi dan komunikasi data. System komunikasi wireless optic dalam ruangan secara Difus memiliki biaya yang relatif murah dibandingkan system komunikasi wireless RF, mudah dalam hal setup dan maintenance, serta tidak perlu perizinan penggunaan frekuensi radio karena menggunakan frekuensi cahaya sebagai media transmisi. Penggunaan Wireless Optik MultiPoint sangat berpengaruh besar terhadap kondisi Cuaca dan bila terkena cahaya lain. Parameter yang berpengaruh besar terhadap kinerja komunikasi data adalah gangguan cuaca, divergensi pancaran yang dihasilkan, panjang gelombang yang digunakan, sensitifitas penerima, power budget, bitrate, turbulensi, margin daya maupun pengaruh data recovery pada penerima. Hal ini dapat diamati melalui simulasi kinerja dan perhitungan dengan bantuan software Borland Delphi 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 16:41
Last Modified: 04 Oct 2011 03:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item