Repository Universitas Andalas

PROSES PENGONTROLAN PEMBUBURAN HASIL KAYU OLAHAN (PULP) BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC)

S, DEDE KALADRI (2008) PROSES PENGONTROLAN PEMBUBURAN HASIL KAYU OLAHAN (PULP) BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC). Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (PROSES PENGONTROLAN PEMBUBURAN HASIL KAYU OLAHAN (PULP) BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL (PLC)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (287Kb) | Preview

Abstract

Pengontrolan sistem dalam dunia industri sering kali menjadi kunci efisiensi waktu dan produksi. Dengan adanya sistem pengontrol yang baik, akan memberikan kinerja produksi jadi lebih baik dan hal ini tentu saja tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung lainnya. Pengontrolan sistem yang sederhan4 praktis, efisisen, proses perawatan yang mudah dan memiliki tingkat error yang sedikit tentu sangat diharapkan di lapangan (khususnya dunia industri). Berdasarkan masalah di atas, penulis menemukan salah satu solusi untuk pengontrol yang baik menggunakan Programmable Logic Control (PLC). Dalam hal ini penulis mengaplikasikan Programmable Logic Control (PLC) pada Proses Pengontrolan Pembuburan Pulp. Pada unit proses pengontrolan pembubwan pulp ini memiliki empat unit kerja yaitu unit Dewairing, unit Forklift, unit penghambat pulp (palang), dan terakhir adalah Unit Agitator. PLC (Programmable Logic Control) yang digunakan ada dua yaitu TWDLMDA2 A DTK dan WDLMDA2 0 D RT. Pada tahap akhir penyelesaian alat ini masih terdapat kekurangan diantaranya kedudukan sensor yang belum pemunen sehingga mempengaruhi sensitifitas dari sens-or tersebut.Sehingga penulis mengharapkan agar sensor yang digunakan untuk pengembangan alat selanjutnya merupakan sensor yang peka tapi mempunyai kedudukan yang pennanen pada mekanik sistem.Namun secara keseluruhan Sistem sudah dapat beroperasi secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:08
Last Modified: 20 Apr 2011 11:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

View Item View Item