Repository Universitas Andalas

SIMULASI RANGKAIAN FILTER PASIF (RESISTOR, INDUKTOR DAN KAPASITOR (RLC)) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE VB.6

Ayuza, Sasriani (2008) SIMULASI RANGKAIAN FILTER PASIF (RESISTOR, INDUKTOR DAN KAPASITOR (RLC)) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE VB.6. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (SIMULASI RANGKAIAN FILTER PASIF (RESISTOR, INDUKTOR DAN KAPASITOR (RLC)) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE VB.6) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369Kb) | Preview

Abstract

Dalam sebuah rangkaian elektronika, banyak terdapat komponen-komponen elektronika yang mana tiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu contoh dari komponen elektronika yaitu Resistor, Induktor dan Kapasitor (RLC). Resistor, Induktor dan Kapasitor merupakan komponen elektronika pasif. Komponen ini dapat digunakan pada filter pasif. Filter yang dirancang dengan rangkaian RLC ini digunakan untuk melewatkan frekuensi yang berisi informasi yang diinginkan dan menolak frekuensi yang tersisa. Dalam sistem stereo, filter dapat digunakan untuk mengisolasi band frekuensi khusus agar tekanan dinaikkan atau diturunkan oleh sistem akuistik keluaran (penguat, speaker dan lain-lain). Dalam Tugas Akhir ini dirancang sebuah simulasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 (VB 6.0) untuk lebih mengenal karakteristik dari rangkaian Resistor, Induktor dan Kapasitor pada Filter Pasif. Pembuatan simulasi dilakukan dengan menggunakan data yang didapat dari teori. Yang mana dari data tersebut dilakukan perhitungan untuk mendapatkan frekuensi cut off dari rangkaian RLC dan ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga karakteristik RLC akan lebih jelas dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:07
Last Modified: 06 Oct 2011 04:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item