Repository Universitas Andalas

TINJAUAN PERBEDAAN PROSEDUR GADAI KONVENSIONAL DENGAN GADAI SYARIAH PADA PERUM PEGADAIAN KANTOR WILAYAH PADANG

Putra, Dendi Endo (2008) TINJAUAN PERBEDAAN PROSEDUR GADAI KONVENSIONAL DENGAN GADAI SYARIAH PADA PERUM PEGADAIAN KANTOR WILAYAH PADANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN PERBEDAAN PROSEDUR GADAI KONVENSIONAL DENGAN GADAI SYARIAH PADA PERUM PEGADAIAN KANTOR WILAYAH PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (451Kb) | Preview

Abstract

Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian sebagai lembaga keuangan non bank bergerak di bidang perkreditan. sesuai dengan misinya, yang menjadi target utama Perum Pegadaian adalah masyarakat golongan menengah ke bawah dengan cara menyalurkan kredit yang cepat dan aman. Adapun produk yang menyalurkan kredit yang cepat dan aman itu diantaranya ialah gadai konvensional dan gadai syariah (Rahn). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur gadai konvensional dan gadai syariah, serta perbedaannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan dengan metode analisis data deskriptif. Analisis data deskriptif yaitu pencarian data dengan interpretasi yang tepat. Gadai konvensional adalah pemberian pinjaman dana yang diberikan kepada semua lapisan masyarakat baik untuk kepentingan konsumtif maupun produktif. Gadai syariah adalah pemberian pinjaman dana dengan sistem gadai kepada semua golongan masyarakat sesuai dengan syariat Islam. Syarat dan prosedur kedua gadai ini sangat mudah dan cepat, syaratnya cukup dengan foto copy. Secara prosedur, kedua gadai ini tidak mempunyai perbedaan. Namun, yang membedakannya ialah tarif sewa biaya administrasi, istilah yang digunakan. Gadai yang paling diminati masyarakat ialah gadai syariah, untuk itu Peneliti menyarankan untuk melakukan promosi tentang produk dan prosedur gadai syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:06
Last Modified: 10 Oct 2011 08:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11951

Actions (login required)

View Item View Item