Repository Universitas Andalas

TINJAUAN PENGELOLAAN ARSIP PADA DINAS PRASARANA JALAN, TATA RUANG DAN PERMUKIMAN PROPINSI SUMATERA BARAT

Harno, Gian Wira (2008) TINJAUAN PENGELOLAAN ARSIP PADA DINAS PRASARANA JALAN, TATA RUANG DAN PERMUKIMAN PROPINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN PENGELOLAAN ARSIP PADA DINAS PRASARANA JALAN, TATA RUANG DAN PERMUKIMAN PROPINSI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengelolaan arsip pada Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Barat dengan mengetahui jenis-jenis arsip, sistem penyimpanan arsip surat, peralatan arsip, dan proses peminjaman arsip yang digunakan pada Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Barat sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam penyedia sarana dan prasarana masyarakat tidak lepas dari kegiatan administrasi dan kearsipan yang dikelola oleh bagian umum dan kepegawaian. Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Barat menggunakan sistem penyimpanan arsip yaitu sistem subjek/pokok masalah dengan azas penyimpanan kombinasi antara sentralisasi dan desentralisasi. Peralatan penyimpanan arsip yang digunakan pada Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sumatera Barat adalah map biasa (stopmap), map tebal (map ordner), filing cabinet, lemari arsip, rak arsip dan ruangan arsip. Peminjaman arsip menggunakan bon peminjaman arsip. Penanganan arsip dalam hal ini belum terkelola dengan baik. Untuk itu peneliti menyarankan agar di bentuk satuan tugas tersendiri dan dalam hal peminjaman arsip dibuatkan bon peminjaman yang memuat detail peminjaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:06
Last Modified: 04 Oct 2011 07:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item