Repository Universitas Andalas

Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Harga Pokok Proses Pada Usaha Roti Nanda Putra

Fajrin, Ferawati (2008) Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Harga Pokok Proses Pada Usaha Roti Nanda Putra. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Harga Pokok Proses Pada Usaha Roti Nanda Putra) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354Kb) | Preview

Abstract

Tujuan setiap perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba yang maksimal, untuk mencapai hal itu maka manajemen perusahaan harus mampu melakukan perencanaan yang efektif dan efisien. Di dalam perusahaan manufaktur, kemampuan itu ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam mengelola biaya dan harga pokok produksi. Harga pokok produksi adalah jumlah dari biaya produksi dan barang dalam proses awal dikurangi dengan barang dalam proses akhir pada suatu periode akuntansi. Harga pokok produksi mencakup semua biaya-biaya yang diperlukan untuk menghasilkan sebuah produk. Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah produk disebut dengan biaya produksi dengan unsur-unsur seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Usaha Roti Nanda Putra merupakan usaha kecil yang berlokasi di desa Kampung Galapung Ulakan. Dalam menentukan harga pokok produksi perusahaan ini tidak melakukan pengelompokkan biaya sesuai dengan teori di bangku perkuliahan, sehingga tidak diketahui dengan jelas berapa laba atau rugi perusahaan. Dengan adanya perhitungan harga pokok produksi ini maka pengelola perusahaan dapat mengetahui dengan jelas berapa biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi sebuah produk sehingga akan mudah dalam menentukan laba yang diharapkan. Pada Usaha Roti Nanda Putra ini juga terdapat biaya bersama dalam memproduksi produknya. Karena semua produk yang dihasilkan berasal dari proses pengadukan yang sama kemudian baru dipisahkan sesuai dengan citarasa yang ada. Sehingga didapat harga pokok per unit dari masing-masing rasa seperti: roti manis Rp.126,- roti kelapa Rp.319,- roti sarikayo Rp.292,- roti mises Rp.341,- roti coklat keju susu Rp.320,- dan roti kacang keju susu Rp.299,-.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:06
Last Modified: 04 Oct 2011 03:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item