Repository Universitas Andalas

ANALISA BREAK EVEN POINT MULTIPRODUK SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA USAHA KERAJINAN ROTAN ASMIDAR FURNITURE

Putri, May Lina (2008) ANALISA BREAK EVEN POINT MULTIPRODUK SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA USAHA KERAJINAN ROTAN ASMIDAR FURNITURE. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (ANALISA BREAK EVEN POINT MULTIPRODUK SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA USAHA KERAJINAN ROTAN ASMIDAR FURNITURE) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339Kb) | Preview

Abstract

Laba adalah suatu ukuran untuk menilai berhasil atau tidaknya manajemen mengelola usahanya. Dalam hal ini ada faktor-faktor yang harus diperhitungkan secara tepat yaitu biaya, volume penjualan, dan harga jual. Maka dari itu diperlukan suatu teknik analisa yang disebut analisa break even point. Untuk menentukan break even point maka biaya yang terjadi harus dipisahkan menjadi biaya variabel dan biaya tetap. Break even point merupakan keadaan dimana perusahaan tidak memperoleh laba dan tidak menderita rugi atau total pendapatan sama dengan nol. Usaha Kerajinan Rotan Asmidar Furniture merupakan usaha kecil yang berlokasi di Jalan Raya Pitameh No. 7 Kec. Lubuk Begalung Padang. Dalam kegiatan usahanya hanya melakukan perhitungan terhadap semua biaya secara keseluruhan, tanpa memisahkan antara biaya variabel dengan biaya tetap, sehingga sulit menentukan laba yang optimal. Dengan adanya perhitungan break even point ini, diharapkan Usaha Asmidar Furniture dapat menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai untuk mencapai laba yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:05
Last Modified: 07 Oct 2011 09:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item