Repository Universitas Andalas

APLIKASI SENSOR ASAP DAN SUHU SEBAGAI ALARM DAN PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN CONTROL DAN OUTPUT)

YENTI, SEPRI (2009) APLIKASI SENSOR ASAP DAN SUHU SEBAGAI ALARM DAN PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN CONTROL DAN OUTPUT). Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (APLIKASI SENSOR ASAP DAN SUHU SEBAGAI ALARM DAN PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN CONTROL DAN OUTPUT)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200Kb) | Preview

Abstract

Manusia pada umumnya masih menggunakan alat manual untuk memadamkan kebakaran. Mereka sulit mendeteksi kebakaran dan masih juga menggunakan alat APAR untuk memadarnkan api. Untuk membantu manusia dalam mendeteksi kebakaran dan memudahkan dalam proses pemadaman api, maka dibuat sebuah alat alarm dan pemadam kebakaran. Alat ini dirancang untuk mendeteksi keberadaan asap dan suhu ruangan yang dikontrol oleh mikrokontroller ATMega8535. Sebagai proses untuk menentukan logika-logika yang dihasilkan dari sensor digunakan bahasa basic compiler urfiuk dapat diterjemahkan pada mikrokontroller yang ditampilkan pada LCD serta buzzer sebagai alarm kebakaran dan pompa air sebagai penyiraman area yang terbakar. Hasilnya memperlihatkan bahwa alat ini mampu mengerjakan instnrksi berdasarkan deteksi sensor yang diterima sehingga dapatmendeteksi kebakaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:05
Last Modified: 20 Apr 2011 11:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item View Item