Repository Universitas Andalas

Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC) Pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan

Nurasiah, Nurasiah (2008) Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC) Pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard (BSC) Pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (509Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengembangkan model pengukuran kinerja yang ada pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk menyelesaikannya peneliti melakukan wawancara dengan pimpinan instansi dan beberapa orang pegawai serta melihat dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Saat ini untuk pengukuran kinerja instansi pemerintah secara formal yaitu dengan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) namun hasil dari pengukuran tersebut tidak dapat secara signifikan dimanfaatkan oleh dinas peternakan untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu metode pengukuran kinerja yang banyak digunakan saat ini adalah Balanced Scorecard (BSC). Perancangannya dimulai dengan mengidentifikasi visi, misi dan tujuan strategik dalam keempat perspektif BSC yang menghasilkan sasaran strategik, ukuran kinerja yang akan dicapai, target dan inisiatif strategik. Hasil dari wawancara terstruKur digunakan untuk mengidenffikasifaktor eksternal dan internal yang digunakan sebagai dasar dalam perancangan BSC pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan melalui empat perspektif (keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan) yang saling berinteraksi. Peta rencana strategi bisnis Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan menempatkan perspektif pelanggan paling puncak, diikuti perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan serta perspektif keuangan, karena dinas ini merupakan Pure Nonprofit Organization. Dari perancangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengukuran kinerja berdasarkan BSC dapat diterapkan pada Dinas Peternakan Kabupaten Pesisir Selatan dengan mengevaluasi visi dan misi agar menjadi terukur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:22
Last Modified: 06 Oct 2011 06:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item