Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 7.10 SERVER DI ICT CENTER SMK NEGERI 1 PADANG

Hasril, Ezzuari (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 7.10 SERVER DI ICT CENTER SMK NEGERI 1 PADANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROXY SERVER MENGGUNAKAN LINUX UBUNTU 7.10 SERVER DI ICT CENTER SMK NEGERI 1 PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (318Kb) | Preview

Abstract

SMKN I Pariaman merupakan salah satu sekolah berstandar Nasional, untuk itu perlu didukung oleh sarana untuk mengakses informasi yang cepat dan dapat terlindungi. Berdasarkan kondisi akses internet SMKN 1 yang koneksinya sering terputus, maka sangat dibutuhkan sebuah Proxy Server untuk menghindari akses internet yang cacat. Dalam implementasinya, Proxy Server akan dimanfaatkan untuk menyimpan informasi yang pernah diakses oleh pengguna, sehingga nantinya apabila diakses kembali, informasi lebih cepat ditampilkan. Dengan demikian kendala akses internet yang lambat dan sering terputus dapat dikurangi efeknya. Topologi yang digunakan adalah jenis bintang dengan arsitektur client server. Dengan menggunakan Ubuntu server versi 7.10 sebagai sistem operasi server dan aplikasi proxy menggunakan Squid 2.6. STABLE14. Setelah diterapkan proxy server di SMK Negeri 1 Pariaman, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan proxy seryer sangat bermanfaat dalam mengakses informasi dan komunikasi bagi kepala sekolah sampai dengan staf tata usaha. Diantaranya adalah mempercepat akses halaman web yang pernah dibuka dan dapat juga memblokir alamat-alamat situs yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Apr 2011 05:25
Last Modified: 05 Oct 2011 02:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item