Repository Universitas Andalas

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEMEGANG ASKESKIN (Studi Kasus : Pengguna Askeskin di Kelurahan Air Tawar Barat Padang)

Susanti, Nova (2008) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEMEGANG ASKESKIN (Studi Kasus : Pengguna Askeskin di Kelurahan Air Tawar Barat Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PEMEGANG ASKESKIN (Studi Kasus : Pengguna Askeskin di Kelurahan Air Tawar Barat Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405Kb) | Preview

Abstract

Dalam menjaga kerentanan masyarakat miskin terhadap akses kesehatan, pemerintah melaksanakan program yang sejalan dengan UU No.23 tahun 1992 tentang kesehatan yang menyatakan bahwa setiap penduduk berhak memperoleh derajat pelayanan kesehatan yang optimal dan berkewajiban ikut serta memelihara kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya untuk menjamin akses penduduk miskin terhadap petrayanan kesehatan. Pemerintah mengeluarkan program pemeliharaan kesehatan masyarakat miskin atau yang dikenal dengan Askeskin. Pada umumnya program jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat miskin dapat membantu masyarakat miskin dalam menanggulangi masalah kesehatan. Akan tetapi ketika saat anggota rumah tangga miskin kartu askeskin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, banyak yang mengeluhkan bahwa pelayanan kesehatan tidak sesuai dengan kebutuhan. Sementara kenyataannya yang ditemukan tiap tahunnya pasien askeskin selalu bertambah. Pasien peserta askeskin mengisi posisi terbanyak, 42% diisi oleh pasien askeskin. Hal ini yang sangat menarik untuk diteliti, karena itu dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana kualitas pelayaaan kesehatan bagi pemegang askeskin. Penelitian ini menggunakan teori strukturisasi. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Data diambil melalui observasi dan wawancara-Wawancara dilakukan terhadap 16 orang informan yang terdiri dari 13 informan pengguna askeskin dan 3 informan petugas pelayanan kesehatan di Puskesmas Air Tawar dan Rumah Sakit M.Djamil Padang. Kalau berobat ke puskesmas harus membawa kartu askeskinnya dan kalau di Rumah sakit harus ada surat rujukan serta kartu askeskin. Berbeda dengan syarat keluarga pasien harus mengurus administrasinya dengan diberi kelonggaran waktu 1x24 jam pasien akan dilayani dengan cepat kalau memiliki persyaratan yang lengkap dan prosedur yang benar. Pasien askeskin dalam mendapatkan pelayanan tidak dipungut biaya mulai dari urusan administrasi, penginapan sampai pengambilan obat, dan kebanyakan pasien askeskin masih betah melanjutkan pengobatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Kualitas pelayanan terlihat cukup baik terbukti terus meningkatnya jumlah pasien yang berobat serta adanya penyambutan ramah dari petugas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Apr 2011 00:00
Last Modified: 11 Oct 2011 03:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item