Repository Universitas Andalas

Studi Analisis Tentang Pengaruh Percepatan Gempa Vertikal Terhadap Struktur Beton Bertulang

Rosa, Yuli Emilia (2008) Studi Analisis Tentang Pengaruh Percepatan Gempa Vertikal Terhadap Struktur Beton Bertulang. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Studi Analisis Tentang Pengaruh Percepatan Gempa Vertikal Terhadap Struktur Beton Bertulang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (958Kb) | Preview

Abstract

Selama gempa bumi, bangunan mengalami gerakan vertikal dan horizontal. Gaya gempa baik dalam arah vertikal maupun horizontal akan timbul di titik-titik massa struktur. Dalam perencanaan bangunan tahan gempa umumnya, hanya gaya gempa arah horizontal saja yang dipertimbangkan. Berdasarkan bentuk kerusakan dan keruntuhan yang terjadi pasca gempa yogyakarta, diperkirakan gaya gempa arah vertikal yang terjadi cukup besar. Dalam SNI-1726-2002 tentang Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung telah memperhitungkan beban gempa arah vertikal. Untuk mengetahui pengaruh percepatan gempa vertikal terhadap struktur bangunan dilakukan serangkaian studi analitik terhadap model struktur bangunan beton bertulang. Studi parametrik terhadap beban gempaarah vertikal dilakukan dengan membuat parameter lain tetap konstan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:58
Last Modified: 12 Oct 2011 03:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item