Repository Universitas Andalas

Ramalan Lalu Lintas CPO Dan Kapal Tanker CPO di Pelabuhan Teluk Bayur Serta Kebutuhan Dermaga Kapal CPO

Jaya, Rian Kamal (2008) Ramalan Lalu Lintas CPO Dan Kapal Tanker CPO di Pelabuhan Teluk Bayur Serta Kebutuhan Dermaga Kapal CPO. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Ramalan Lalu Lintas CPO Dan Kapal Tanker CPO di Pelabuhan Teluk Bayur Serta Kebutuhan Dermaga Kapal CPO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (702Kb) | Preview

Abstract

CPO atau Crude Palm Oil adalah salah satu komoditi yang paling berkembang di Indonesia, khususnya di Propinsi Sumatra Barat. Sejak tahun 90-an sampai dengan sekarang, perkembangan komoditi tersebut mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan semakin luasnya perkebunan CPO, maka kebutuhan akan transportasi untuk mengangkut CPO dari tempat produksi sampai ke konsumen semakin tinggi. Sebagai salah satu Pelabuhan yang terbesar di pesisir barat Sumatra, Teluk Bayur memiliki peran yang sangat penting sebagai tempat transit komoditi-komoditi dari dan ke Pelabuhan Teluk Bayur, khususnya CPO. Maka semakin banyak komoditi yang melewati Pelabuhan Teluk Bayur, maka dibutuhkan juga peningkatan fasilitas penunjang untuk setiap komoditi. Salah satunya adalah kebutuhan dermaga untuk tempat kapal bersandar. Semakin banyak kapal yang bersandar untuk mengangkut komoditi dari dan ke Pelabuhan Teluk Bayur maka kebutuhan akan dermaga semakin meningkat. Dengan melakukan peramalan lalu lintas barang dan kapal, maka bisa diketahui kebutuhan dermaga untuk tempat bersandar kapal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:57
Last Modified: 04 Oct 2011 04:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item