Repository Universitas Andalas

PENGATURAN ARAH PUTARAN MOTOR DC SERI DAN SHUNT BRBASISKAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL)

SUKMA, ADI (2009) PENGATURAN ARAH PUTARAN MOTOR DC SERI DAN SHUNT BRBASISKAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL). Other thesis, Politeknik.

[img]
Preview
PDF (PENGATURAN ARAH PUTARAN MOTOR DC SERI DAN SHUNT BRBASISKAN PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239Kb) | Preview

Abstract

pengontrolan sistem dalam dunia industri sering kali menjadi kunci efisiensi waktu dan produksi. Dengan adanya sistem pengontrol yang baik, akan memberikan kinerja produksi jadi lebih baik dan hal ini tentu saja tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung lainnya. Pengontrolan sistem yang sederhan4 praktis, efisien, proses perawatan yang mudah dan memiliki tingkat error yang sedikit tentu sangat diharapkan di lapangan (khususnya dunia industri). Berdasarkan masalah di atas, penulis menemukan salah satu solusi untuk pengontrol yang baik menggunakan Programmable Logic Control (PLC). Dalam hal ini penulis mengaplikasil<an Programmable Logic Control (PLC) pada pengontrolan arah dan putaran motor DC dengan memfokuskan pada pengontrolan motor DC Seri dan Shunt. Pengontrolan yang dilakukan adalah bagaimana cara mengatur arah dan putaran motor sesuai dengan prinsip kerja alat. Dimana motor yang digunakan pada proses ini adalah motor DC dengan input 220 V.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:51
Last Modified: 21 Apr 2011 23:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item