Repository Universitas Andalas

TRANSLATING ENGLISH IDIOMS INTO INDONESIAN AS FOUND THE NOVEL TWILIGHT BY LILY DEVITA SARI

Hidayati, Nuzul (2008) TRANSLATING ENGLISH IDIOMS INTO INDONESIAN AS FOUND THE NOVEL TWILIGHT BY LILY DEVITA SARI. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (TRANSLATING ENGLISH IDIOMS INTO INDONESIAN AS FOUND THE NOVEL TWILIGHT BY LILY DEVITA SARI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas teknik yang digunakan oleh penerjemah dalam menerjemahkan idiom dalam Bahasa Inggris yang terdapat dalam novel Twilight ke dalam Bahasa Indonesia. Novel Twilight ini ditulis oleh Stephenie Meyer dan dialih bahasakan oleh Lily Devita Sari ke Bahasa Indonesia. Objek penelitian adalah dua jenis idiom yang terdapat di dalam novel, yaitu situasi, tindakan, atau kejadian yang menyimbolkan sebuah situasi, tindakan, atau kejadian dan peribahasa. Fokus penelitian adalah untuk menjelaskan teknik yang digunakan dalam menerjemahkan idiom, serta modifikasi yang dilakukan penerjemah untuk menghasilkan terjemahan yang sesuai dalam bahasa sasaran. Data dianalisa dengan cara membandingkan idiom dalam bahasa sumber dengan hasil terjemahan dalam bahasa sasaran untuk melihat teknik yang digunakan serta modifikasi yang dilakukan. Analisa data mengacu pada teknik penerjemahan idiom yang dikemukakan oleh Larson (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerjemah cenderung menerjemahkan bentuk idiom dalam Bahasa Inggris ke dalam bentuk non idiom dalam Bahasa Indonesia. Di samping itu juga ditemukan hasil terjemahan berupa idiom yang mewakili makna yang sama, serta hasil terjemahan di mana makna idiom dalam bahasa sumber dihilangkan. Dalam beberapa data juga ditemukan modifikasi yang dilakukan penerjemah untuk menyesuaikan makna bahasa sumber dengan budaya serta tata bahasa sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:55
Last Modified: 05 Oct 2011 09:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item