Repository Universitas Andalas

Aspek Hukum Pembayaran Transaksi Ekspor Impor Melalui Letter Of Credit (Studi Pada PT.Unilever Indonesia Tbk.)

Yulfi, Sri Rahmeilia (2008) Aspek Hukum Pembayaran Transaksi Ekspor Impor Melalui Letter Of Credit (Studi Pada PT.Unilever Indonesia Tbk.). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Aspek Hukum Pembayaran Transaksi Ekspor Impor Melalui Letter Of Credit (Studi Pada PT.Unilever Indonesia Tbk.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386Kb) | Preview

Abstract

Salah satu sektor pembangunan ekonomi adalah usaha dibidang ekspor impor yang juga merupakan salah satu sumber devisa yang paling besar. Prosedur dan tata cara perdagangan dalam negri lebih banyak menimbulkan masalah dibandingkan perdagangan dalam negri, oleh karena perbedaan tersebutlah yang mendorong kerjasama antar negara,dari sini timbul perdagangan internasional yang dalam pelaksanaannya memerlukan bank sebagai perantara. Salah satu cara pembayaran suatu transaksi perdagangan internasional adalah dengan menggunakan Letter Of Credit (UC) yang merupakan instrumen perbankan untuk memudahkan penyelesaian utang piutang. Adanya pembayaran melalui UC ini sangat menarik dikaji pada PT. Unilever lndonesia Tbk. Perumusan masalah yang dibahas adalah mengenai prosedur ekspor impor dengan sistem pembayaran melalui UC pada PT.Unilever lndonesia Tbk, hubungan hukum dalam transaksi ekspor impor dan masalah yang pernah terladi serta upaya penyelesaiannya pada PT.Unilever Indonesia Tbk. Pendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis sosiologi, teknik pengumpulan datanya adalah wawancara dan studi dokumen Prosedur pelaksanaan ekspor impor mefalui L/G pada PT.Unilever lndonesia Tbk. didahului dengan "sa/es contract" dan diikuti dengan tahap{ahapannya, hubungan hukum pemohon dengan bank penerbit didasarkan pada permintaan penerbitan UC. Masalah yang pernah dihadapi oleh PTUnilever lndonesia Tbk. belum begitu serius dan jika terjadi perselisihan diselesaikan dengan cara Negosiasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:51
Last Modified: 12 Oct 2011 04:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12097

Actions (login required)

View Item View Item