Repository Universitas Andalas

PERANAN WANITA DALAM SEKTOR INDUSTRI KECIL (Studi Kasus : Peranan Wanita dalam Sektor Industri Kecil Kue Batiah di Jorong Baduih Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar)

D, Fitreni (2008) PERANAN WANITA DALAM SEKTOR INDUSTRI KECIL (Studi Kasus : Peranan Wanita dalam Sektor Industri Kecil Kue Batiah di Jorong Baduih Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PERANAN WANITA DALAM SEKTOR INDUSTRI KECIL (Studi Kasus : Peranan Wanita dalam Sektor Industri Kecil Kue Batiah di Jorong Baduih Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini mendeskripsikan peranan wanita Minangkabau dalam ekonomi rumah tangga. Wanita Minangkabau idealnya adalah sebagai limpapeh rumah nan gadang. Selain sebagai pelanjut keturunan wanita Minangkabau juga sebagai pengendali harta pusaka. Perubahan sosial mengakibatkan wanita di Minangkabau sudah banyak mencari nafkah di luar rumah dan menciptakan usaha sendiri. Salah satu diantaratrya adalah wanita yang bekerja sebagai pengelola dan pengrajin kue batiah. Penelitian tentang Peranan Wanita dalam Industri Kecil telah dilaksanakan di Jorong Baduih Nagari Simawang Kecamatan Kabupaten Tanah Datar dengan tujuan : (1) Mendeskripsikan latar belakang dan masalah sosial ekonomi informan. (2) Mendeskripsikan peranan wanita dalam mengelola industri kecil rumah tangga, (3) Mendeskripsikan berbagai hambatan yang dihadapi wanita dalam mengelola industri kecil kerajinan kue batiah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Pendekatannya diarahkan pada latar belakang dan individu tersebut secara holistik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dengan informan dan studi kepustakaan. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan demikian, informan ditujukan untuk menentukan latar belakang, dan tujuan dalam penelitian ini, yaitu wanita yang bekerja sebagai pengrajin kue batiah pada industri kecil dalam rumah tangga. Sedangkan informan biasa adalah suami, anak-anak, orang tua, serta aparat pemerintahan Nagari dan Jorong setempat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa : (1) Wanita pengelola industri kecil kerajinan batiah di Jorong Baduih Nagari Simawang mempunyai latar belakang sosial ekonomi yang sangat memprihatinkan. Seluruh pengrajin batiah di sini hanya berpendidikan SD, bahkan ada yang tidak pernah menginjak bangku sekolah. Secara umum wanita tersebut, berasal dari keluarga miskin. Kehidupan rumah tangga mereka juga tidak menggembirakan. Pada umumnya suami mereka tidak mempunyai penghasilan tetap; (2) Peranan wanita sangat besar dalam mengelola industri kecil kerajinan batiah dan menunjang ekonomi rumah tangga; (3) Hambatan yang dialami wanita pengelola Industri kecil Kerajinan Batiah yang utama adalah ketiadaan modal yang memadai, dan Belem ada sentuhan teknologi; (4) Pemecahan masalah hambatan perkembangan industri kecil kerajinan batiah yang utama adalah penggabungan pengusaha dalam suatu wadah usaha bersama, sehingga memungkinkan peminjaman modal dari pihak perbankan, dan untuk memperoleh pembinaan teknologi dari pihak terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Apr 2011 23:46
Last Modified: 27 Sep 2011 06:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12151

Actions (login required)

View Item View Item