Repository Universitas Andalas

MOTIF ORANG TUA DARI KALANGAN MENENGAH ATAS DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK DI PERGURUAN ISLAM AR RISALAH

Yuhelna, Yuhelna (2008) MOTIF ORANG TUA DARI KALANGAN MENENGAH ATAS DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK DI PERGURUAN ISLAM AR RISALAH. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (MOTIF ORANG TUA DARI KALANGAN MENENGAH ATAS DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK DI PERGURUAN ISLAM AR RISALAH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (516Kb) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi seorang anak. Kondisi lingkungan yang tidak kondusif serta faktor orang tua yang tidak mampu mengontrol anaknya dari pengaruh luar tersebut. Sehingga orang tua perlu memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak dan sesuai dengan tujuan orang tua. Perguruan Islam Ar-Risalah merupakan salah satu sekolah yang menjadi pilih orang tua untuk menyekolahkan anak- anaknya. Sekolah yang baru berdiri 5 tahun ini mengalami peningkatan jumlah siswa pendaftar yang cukup signifikan. Dengan demikian yang akan diteliti adalah apa motif orang tua dalam melanjutkan pendidikan anak di Perguruan Islam Ar Risalah. Dalam melakukan tindakan tentunya para orang tua memiliki alasan-alasan tertentu yang mendorong untuk memilih Perguruan Islam Ar Risalah. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi yang melihat alasan para orang tua memilih Perguruan Islam Ar Risalah sebagai sekolah anak melalui dua motif yaitu motif sebab (because of motive) dan motif tujuan (in order to motive). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, motif informan menyekolahkan anak di ar risalah dipicu oleh2 faktor pendorong, yaitu motif sebab dan motif tujuan, yang menjadi motif sebab adalah suatu motif yang ditimbulkan karena adanya pengalaman-pengalaman masa lalu individu. Sedangkan motif tujuan adalah merupakan suatu motif yang timbul karena melihat adanya nilai-nilai tertentu terhadap tindakan sekarang ,untuk jangkauan masa yang akan datang. Yang menjadi because motive antara lain: tenaga pengajar, kurikulum agama, kurikulum umum, ingin memasukkan anak ke sekoah agama, kecemasan orang tua terhadap pengaruh lingkungan dan teknologi, keinginan anak sendiri, rasa percaya terhadap pengelola, sejalannya program yang dibiasakan dirumah dengan di Perguruan Islam Ar Risalah, banyak anak dosen yang sekolah di sana, sistem yang sama dengan sekolah sebelumnya, dan penerapan akhlak dikaitkan dengan kemampuan akademik. Adapun yang menjadi in order to motive adalah agar menjadi hafiz Quran, agar memiliki pemahaman Islam, dapat melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah, kemandirian dan perbaikan akhlak anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:54
Last Modified: 12 Oct 2011 04:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12208

Actions (login required)

View Item View Item