Repository Universitas Andalas

PERILAKU PENGGUNA JASA WARUNG INTERNET (Kasus Terhadap Perilaku Menyimpang di Warnet Kawasan Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tengah, Kecamatan Pauh Padang)

Andini, Choirum (2008) PERILAKU PENGGUNA JASA WARUNG INTERNET (Kasus Terhadap Perilaku Menyimpang di Warnet Kawasan Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tengah, Kecamatan Pauh Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (PERILAKU PENGGUNA JASA WARUNG INTERNET (Kasus Terhadap Perilaku Menyimpang di Warnet Kawasan Pasar Baru, Kelurahan Cupak Tengah, Kecamatan Pauh Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382Kb) | Preview

Abstract

Fungsi warnet yang tersebar di berbagai penjuru Kota Padang, mulai pusat hingga pinggir kota, telah berkembang sedemikian rupa, seiring masuknya era komunikasi tanpa batas melalui media internet. Namun perkembangan warnet bisa jadi tidak sesuai dengan harapan semua pihak. Karena dalam masyarakat sudah terjadi pergeseran nilai, norma dan aturan lain begitu cepat, fungsi dari warung cyber sebagai media untuk mencari informasi juga berubah dan sebagian menjurus ke tindakan menyimpang. Yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimanakah bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan pengguna jasa warnet? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam dengan menggunakan purposive sampling. Analisa data menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang diperoleh di lapangan yang disusun secara sistematis dan disajikan secara deskriptif, sehingga dapat memberikan gambaran tentang bentuk- bentuk perilaku menyimpang di warnet. Dalam permasalahan ini peneliti melihat dari Teori Kontrol yang dikemukakan oleh Ivan Nye. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diketahui bahwa ada beberapa bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan pengguna jasa warnet yaitu, mengakses situs-situs yang memuat materi porno, pacaran dan mencoba prostitusi maya. Adapun aktivitas pacaran yang ditemukan di warnet adalah pelukan, ciuman dan meraba-raba bagian tubuh/organ vital. Dari wawancara, adapun motif yang menyebabkan mereka melakukan perilaku menyimpang di warnet, adalah karena alasan kesempatan/tidak adanya pengawasan, karena alasan fasilitas, karena alasan biaya dan karena alasan keamanan. Karena lemahnya kontrol sosial serta mulai lunturnya nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:54
Last Modified: 05 Oct 2011 07:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item