Repository Universitas Andalas

ROBOT PENGUKUR JARAK PER CENTIMETER (CM) YANG DITAMPILKAN PADA LCD BERBASISKAN MIKROKONTROLLER

Amalia, Yusra (2008) ROBOT PENGUKUR JARAK PER CENTIMETER (CM) YANG DITAMPILKAN PADA LCD BERBASISKAN MIKROKONTROLLER. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (ROBOT PENGUKUR JARAK PER CENTIMETER (CM) YANG DITAMPILKAN PADA LCD BERBASISKAN MIKROKONTROLLER) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290Kb) | Preview

Abstract

Pada umumnya alat pengukur jarak yang biasa digunakan adalah dengan menggunakan meteran. Robot pengukur jarak ini berguna untuk mempermudah pembacaan jarak. Dengan demikian dibuatlah robot yang dapat mengukur jarak secara digital yang nilainya dapat diketahui langsung pada display. Display yang digunakan disini adalah berupa LCD. Robot pengukur jarak ini dapat menghitung jarak badan dengan nilai minimum 0 dan maksimum 250 cm. Robot pengukur jarak ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroller sebagai pusat kontrol dan didukung dengan motor dc sebagai penggerak robot. Pada alat ini dipasang dua buah sensor, yaitu sensor optocoupler yang berfungsi untuk mendeteksi atau membaca lubang per centimeter dan sensor infrared berfungsi sebagai pembaca garis atau halangan. Hasil pengujian dari robot pengukur jarak per centimeter (cm) yang ditampilkan pada LCD berbasiskan mikrokontroller ini hanya dapat mengukur jarak maksimal 250cm. Dengan menggunakan bahasa pemograman Assembly dan tampilan LCD, maka hasil pengukuran dapat langsung diketahui.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:54
Last Modified: 05 Oct 2011 06:37
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12217

Actions (login required)

View Item View Item