Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ASURANSI JIWA UNIT LINK PADA PT.SUN LIFE FINANCIAL CABANG PADANG.

Yossy, Yossy (2008) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ASURANSI JIWA UNIT LINK PADA PT.SUN LIFE FINANCIAL CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF ( PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH ASURANSI JIWA UNIT LINK PADA PT.SUN LIFE FINANCIAL CABANG PADANG. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334Kb) | Preview

Abstract

Perlindungan terhadap konsumen telah menjadi suatu yang tidak asing lagi, karena setiap orang pernah menjadi konsumen. Dengan demikian, memberikan jarninan kepastian hukum kepada konsumen merupakan suatu hal yang tidak bisa diabaikan. Oleh karena konsumen merupakan golongan yang sering dirugikan oleh pelaku usaha. Hal ini berlaku juga pada nasabah asuransi jiwa Unit Link sebagai salah satu konsumen dari pelayanan jasa asuransi. Dalarn skripsi ini didiskripsikan bagaimana perlindungan yang diberikan PT. Sun Life Financial cabang Padang pada nasabah asuransi jiwa Unit Linknya, faktor yang mempengaruhi perlindungan hukum terhadap nasabah diabaikan dan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan perlindungan terhadap nasabah serta upaya hukum yang ditempuh untuk menyelesaikan sengketa. Ketiga permasalahan tersebut dijawab dalam penelitian ini. Penelitian yang dimaksud menggunakan metode pendekatan yuridis SosioloEs/Empiris yakni pendekatan yang dilakukan untuk menemukan fakta yang sebenarnya berkaitan dengan perlindungan hukum bagi nasabah asuransi jiwa Unit Link yang diberikan oleh PT. Sun Life Financial cabang Padang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan cara wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan tujuan penelitian yaitu PT. Suri Life dan Nasabahnya. Dalam prakteknya, PT. Sun Life telah mampu memberikan perlindungan bagi nasabah asuransi j iwa Unit Linknya terhadap berbagai kerugian yang dapat menghilangkan kepercayaan nasabah pada perusahaannya, baik perlindungan dari itikad tidak baik agen, perlindungan terhadap dana nasabah, maupun perlindungan dari segi hukum. Hal ini terbuhi dengan tidak adanya komplein dari nasabah asuransi jiwa Unit Link pada PT. Sun Life. Ternyata investasi tersebut hanyalah sebagai tambahan keuntungan saja bagi nasabah dan bila mengalami kerugian pihak Sun Life tidak mempunyai tanggung jawab sama sekali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 13 May 2011 08:09
Last Modified: 12 Oct 2011 06:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item