Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN WIRELESS BERBASIS HOTSPOT DI KIOS ARDELIA-KAPALO KOTO

Seprianti, Ilham (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN WIRELESS BERBASIS HOTSPOT DI KIOS ARDELIA-KAPALO KOTO. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN WIRELESS BERBASIS HOTSPOT DI KIOS ARDELIA-KAPALO KOTO) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378Kb) | Preview

Abstract

Komunikasi tanpa kabel/nirkabel (wireless) telah menjadi kebutuhan dasar atau gaya hidup baru masyarakat informasi. LAN nirkabel yang lebih dikenal dengan jaringan Wi-Fi menjadi teknologi alternatif dan relatif lebih mudah untuk diimplementasikan di lingkungan kerja. Instalasi perangkat jaringan Wi-Fi lebih fleksibel karena tidak membutuhkan penghubung kabel antarkomputet Access point merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam jaringan wireless (Hotspot area) dimana user atau pengguna terhubung ke internet menggunakan media udara melalui perangkat access point. Selain itu, dengan jaringan berbasis wireless ini membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses internet dimanapun berada. Implementasi pemasangan jaringan ini terdiri dari pemasangan konektor RJ- 45 pada kabel UTP, melakukan konfigurasi repeater, konfigurasi AP Client Route dan konfigurasi Access Point. Setelah semuanya terpasang, melakukan pengujian diantaranya koneksi AP Client Router dan Access Point dengan Laptop, uji koneksi ke Access Point di Tirta Sari dan uji koneksi ke Access Point yang sudah terpasang di Ardelia. Dengan adanya jaringan wireless berbasis hotspot di Kos Ardelia, akan mempernudah mahasiswa untuk mengakses internet karena dapat memberikan kenyamanan, dapat diakses dimana saja, menghernat uang, tenaga dan waktu. Selain itu, melakukan konfigurasi jaringan wireless tidak begitu sulit, asalkan mengikuti aturan pembuatan jaringan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:10
Last Modified: 10 Oct 2011 06:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item