Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN SERVER NETWORK UNTUK PERPUSTAKAAN MAYA BERBASIS LINUX TRUSTIX 3.0.5 DI KABUPATEN AGAM

Algalib, Hizbul Hamdi (2008) PEMBUATAN SERVER NETWORK UNTUK PERPUSTAKAAN MAYA BERBASIS LINUX TRUSTIX 3.0.5 DI KABUPATEN AGAM. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN SERVER NETWORK UNTUK PERPUSTAKAAN MAYA BERBASIS LINUX TRUSTIX 3.0.5 DI KABUPATEN AGAM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (426Kb) | Preview

Abstract

Pustaka maya merupakan salah satu terobosan dalam memberikan bacaan gratis bagi siapa saja, kapan saja dan dimana saja asalkan komputer, laptop atau handphone nya bisa terkoneksi kedalam jaringan internet. Pembuatan server network sendiri untuk perpustakaan maya membuat kita bisa dengan bebas mengatur kapasitas penyimpanan database, software, dan lain-lainnya. Perpustakaan elektronik atau electronic library adalah sebuah system informasi yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), pengelolaan, pelayanan serta penyediaan (akses) informasinya dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronis yang berupa komputer. Dalam perpustakaan maya, bahan-bahan pustaka tidak hadir dalam bentuk fisik (disebut maya) yang umumnya ada dalam perpustakaan konvensional. Perpustakaan maya merupakan provider atau penyedia informasi, transaksi atau layanan informasinya bersifat elektronik, serta menyediakan bahan-bahan pustaka (item) selain dalam bentuk data maya juga dalam bentuk yang lain seperti yang umumnya ada dalam perpustakaan konvensional. Perpustakaan maya merupakan salah satu alternatif dalam menyediakan sumber informasi untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (distance learning), mengingat user atau pengguna perpustakaan berada di tempat yang tidak diketahui keberadaanya. Ini dimungkinkan dengan adanya teknologi internet yang sudah berkembang dengan sangat pesat dewasa ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:08
Last Modified: 05 Oct 2011 06:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item View Item