Repository Universitas Andalas

MEMBANGUN SERVER VOIP MENGGUNAKAN ASTERISK YANG TERKONEKSI DENGAN SIP PROXY VOIP RAKYAT DENGAN METODE TRUNK PEERING (Studi Kasus Pada Lingkungan Politeknik Universitas Andalas)

Yuliswar, Teddy (2008) MEMBANGUN SERVER VOIP MENGGUNAKAN ASTERISK YANG TERKONEKSI DENGAN SIP PROXY VOIP RAKYAT DENGAN METODE TRUNK PEERING (Studi Kasus Pada Lingkungan Politeknik Universitas Andalas). Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (MEMBANGUN SERVER VOIP MENGGUNAKAN ASTERISK YANG TERKONEKSI DENGAN SIP PROXY VOIP RAKYAT DENGAN METODE TRUNK PEERING (Studi Kasus Pada Lingkungan Politeknik Universitas Andalas)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (408Kb) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman hadirlah sebuah teknologi jaringan komputer yang disebut dengan VoIP (Voice Over Internet Protocol) yaitu teknologi yang dapat mentransfer voice dengan menggunakan circuit-switched networks atau over IP networks. Dengan kata lain suatu pengguna dapat melakukan komunikasi voice hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. Sistem operasi yang digunakan pada server adalah berupa sistem operasi linux yaitu "AsteriskNOW". Cara kerja VoIP yang dilakukan yakni komunikasi VoIP dari computer-to- computer, phone-to-phone, phone-to-computer and computer-to-phone. Dalam perancangan tersebut, hanya membutuhkan sebuah server yang telah memiliki software yaitu asteriskNOW dan 4 buah client yang terdiri dari dua buah mobile phone dengan tipe Nokia seri E yang telah memiliki aplikasi VoIP dan protokol SIP (Session Initiation Protocol) dan dua buah softphone yaitu X-lite yang diinstall pada dua buah pc. Jaringan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan jaringan LAN dan internet yang ada di Politeknik Universitas Andalas karena VoIP server ini diperuntukan bagi seluruh pengguna Internet dilingkungan kampus Politeknik Universitas Andalas. Dan Server ini terkoneksi dengan SIP proxy voip rakyat dengan metode Trunk Peering, sehingga pengguna voip rakyat dapat berkomunikasi dengan pengguna SIP proxy di Politeknik Universitas Andalas, begitu pun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:08
Last Modified: 12 Oct 2011 04:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12236

Actions (login required)

View Item View Item