Repository Universitas Andalas

Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas {SMA} Negeri di Kota Padang

Okurpayetis, Okurpayetis (2008) Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas {SMA} Negeri di Kota Padang. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas {SMA} Negeri di Kota Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (448Kb) | Preview

Abstract

Sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan, pendidikan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan merupakan tuntutan undang-undang sekaligus tuntutan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuanga SMAN di Kota Padang, penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner. Sampelnya penelitian terdiri dari SMAN 1, SMAN 9, SMAN 10 dan SMAN 14 Padang. Kuisioner diberikan kepada Kepala Sekolah, bandahara, guru, komite dan siswa (Osis), yang masing-masing sekolah disebarkan kuisioner sebanyak 20 kuisioner/sekolah. Adapun aspek yang diuraikan dalam kuisioner adalah pengukuran akuntabilitas, pengukuran transparansi, peran sekolah dan komite sekolah, penyajian dan pengguna informasi dalam laporan RAPBS dan sarana dan proses pembukuan penyusunan RAPBS. Nilai rata-rata dari 4 sekolah SMAN 1 adalah 3,42 yang termasuk dalam kriteria sangat akuntabel dan sangat transparan, SMAN 9 nilai rata-rata 2,64 termasuk kriteria akuntabel dan transparan, SMAN 10 nilai rata-rata 2,45 termasuk kriteria cukup akuntabel dan cukup transparan dan SMAN 14 nilai rata-rata 2,92 termasuk kriteria akuntabel dan transparan. Secara keseluruhan nilai rata-rata 4 sampel adalah 2,83 yang termasuk dalam kriteria akuntabel dan transparan. Sehingga dapat disirnpulkan pengelolaan keuangan sekolah ke 4 sekolah yang diteliti sudah akuntabel dan transparan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:07
Last Modified: 06 Oct 2011 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12249

Actions (login required)

View Item View Item