Repository Universitas Andalas

Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Pesisir Selatan

Syafridal, Syafridal (2008) Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Pesisir Selatan. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Pesisir Selatan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (583Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi penelitian ini adalah semua SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu sebanyak 21 SMA Negeri di Kabupaten Pesisir Setatan. Pengambilan sampel dilakukan secara non probabilitas dengan metode purposive sampling, yang mana kriterianya adalah berdasarkan pertimbangan (judgment) dengan sampel penelitian yang berjumlah sebanyak 4 sekolah yaitu : SMA Negeri 1 Painan, SMA Negeri 2 Painan, SMA Negeri 1 Bayang, dan SMA Negeri 2 Bayang. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan responden-respondennya adalah Kepala Sekolah, Bendahara, Guru, Komite Sekolah, dan Siswa/Osis. Kuesioner yang akan disebarkan kepada responden adalah sebanyak 20 kuesioner tiap sekolah. Aspek yang akan diuraikan dalam penelitian ini adalah pengukuran akuntabilitas, pengukuran transparansi, peran sekolah dan komite sekolah, penyajian penggunaan informasi dalam laporan RAPBS serta sarana dan proses pembukuan penyusunan RAPBS. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan untuk setiap aspek yang diukur diperoleh nilai rata-raia pada SMA Negeri 1 painan adalah 3,06, SMA Negeri 2 Painan adalah 2,51, SMA Negeri 1 Bayang adalah 2,81, dan SMA Negeri 2 Bayang adalah 3,18. Nilai rata-rata dari keempat sekolah adalah 2,89. Nilai rata-rata tersebut termasuk ke dalam kriteria akuntabel, transparan dan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan keuangan SMA Negeri yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan termasuk ke dalam kriteria akuntabel, transparan dan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:07
Last Modified: 11 Oct 2011 04:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item