Repository Universitas Andalas

Perancangan Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorccard (BSC) Pada SMA Negeri 14 Padang

Muhardi, Khatril (2008) Perancangan Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorccard (BSC) Pada SMA Negeri 14 Padang. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Perancangan Pengukuran Kinerja Berdasarkan Balanced Scorccard (BSC) Pada SMA Negeri 14 Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (427Kb) | Preview

Abstract

Saat ini untuk pengukuran kiherja sekolah secara formal dilakukah oleh suatu badan akreditasi yaitu Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS). Namun hasil dari pengukuran tersebut tidak dapat secara signifikan dimanfaatkan oleh sekolah untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu metode pengukuran kinerja yang banyak digunakan saat ini adalah metode Balanced Scorecard (BSC). Perancangan dimulai dengan mengidentifikasivisi, misi, dan tujuan strategik dalam keempat perspektif Balanced Scorecard yang menghasilkan sasaran strategi, ukuran kinerja yang akan dicapai, target, dan insiatif strategik. Hasil dari wawancara terstruktur digunakan untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal yang digunakan sebagai dasar dalam perancangan Balanced Scordcard pada SMA Negeri 14 Padang melalui empat perspektif (finasial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan) yang saling berinteraksi. Peta rencana strategi bisnis SMA Negeri 14 Padang menempatkan perspektif pelanggan paling puncak, diikuti perspektif finansial, proses bisnis internal, dan pembelajaran/pertumbuhan karena merupakan pure nonprofit organizations. Dari perancangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengukuran kinerja berdasarkan Balanced Scorecard dapat diterapkan pada SMA Negeri 14 Padang dengan mengevaluasi visi dan misi agar menjadi terukur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:07
Last Modified: 12 Oct 2011 09:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12254

Actions (login required)

View Item View Item