Repository Universitas Andalas

Tingkat Pemahaman Pegawai Keuangan Pemerintah Kabupaten Solok Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan

Mulyani, Fitrah (2008) Tingkat Pemahaman Pegawai Keuangan Pemerintah Kabupaten Solok Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Tingkat Pemahaman Pegawai Keuangan Pemerintah Kabupaten Solok Terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pegawai keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan, yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman pegawai keuangan terhadap masing-masing PSAP (Pernyataaan Standar Akuntansi Pemerintahan), dari PSAP 01 hingga PSAP 11. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 87 responden yang telah ditentukan, untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala subbagian akuntansi/penatausahaan keuangan dan 2 orang staf subbagian akuntansi/penatausahaan keuangan pada 29 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan penjelasan yang memudahkan dalam menginterpretasikan hasil analisis lebih lanjut. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert 4 point. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa pada umumnya pegawai keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok telah cukup paham terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:06
Last Modified: 12 Oct 2011 07:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/12258

Actions (login required)

View Item View Item